Calon Wapres Jokowi Perempuan?

0
49
beritasatu.com

Setelah kantongi ijazah SMA melalui jalur Paket C, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dinilai publik (survei dan media) sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai Wakil Presiden RI menurut undang-undang

Selama ini Susi Pudjiastuti memang hanya mengantongi ijazah SMP saja karena saat duduk di bangku SMA ia tak menyelesaikan pendidikannya di jenjang tersebut atas keputusannya sendiri. Sementara aturan dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 169 huruf r, memberi syarat pendidikan bagi capres-cawapres harus lulus SMA atau sederajat.

Pada point r Pasal 169 UU no 7 Tahun 2017 menyebutkan, “Berpendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan, atau sekolah lain yang sederajat.”

Akhir Bulan Juli 2018 lalu Menteri Susi menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Yayasan Bina Pandu Mandiri di Ciamis, Jawa Barat. Susi belajar dalam paket C ini lewat modul dan temu muka dengan guru. Pelaksaan ujiannya adalah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di SMAN 1 Pangandaran.

Jajaran menteri-menteri perempuan di Kabinet Kerja Jokowi-JK ini memang tidak hanya Susi Pudjiastuti saja yang pencapaian kerjanya patut diacungi jempol. Sebut saja Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Rini Soemarno yang telah mampu memberikan progress yang sangat signifikan dalam keuangan dan penambahan aset negara yang meningkat tajam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here