Difitnah di Medsos, Ini yang Grace Natalie Takutkan

0
88

Socrates, seorang filsuf dari Athena, mengatakan; When the debate is lost, slander becomes the tool of the loser.” (Ketika kalah berdebat, fitnah menjadi alat buat si pecundang.)

Mungkin ini yang sedang berimbas pada Grace Natalie, ketika dirinya difitnah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bermula dari akun Twitter dengan username @Hulk-idn dan Instagram @prof_djokhowie yang mengatakan bahwa Grace Natalie terlibat perselingkuhan dengan mantan Gubernur Jakarta, Ahok. Cinta lokasi yang terjalin antara Ahok dan Grace disebut-sebut sudah berakhir di tempat tidur dengan imbalan Grace diperkenalkan pada Taipan 9 Naga supaya menggelontorkan dana untuk PSI, Partai yang diketuai olehnya.

Mengetahui hal ini, Grace tidak ambil diam. Ia segera mengultimatum kedua akun tersebut dan Kamis kemarin sudah melaporkannya kepada pihak berwajib. Pernah berkarir sebagai jurnalis, Grace sangat menghormati kebebasan berbicara dan berekspresi. Namun yang dilakukan kedua akun tadi sudah kelewat batas dengan mengarang bebas yang mencemarkan nama baiknya, terlebih menyeret-nyeret nama Ahok juga PSI.

Selain itu, ada hal lain yang ditakuti oleh mantan pembawa acara berita ini. Grace menilai bahwa kasusnya bisa membuat perempuan takut untuk terjun ke dunia politik.

“Buat saya ini juga sebenarnya merupakan bentuk keprihatinan bahwa untuk perempuan masuk ke dalam politik masih dapat perlakuan seperti ini. Bagaimana kita bisa berharap partisipasi perempuan di politik bisa semakin banyak, bertambah. Baru masuk saja sudah demikian.”

Perempuan memang rentan untuk dijadikan sasaran empuk. Apalagi jika disangkutkan dengan yang berbau seksual karena hal ini sudah termasuk sexual harassment.

Sekjen PSI, Antoni Raja, juga menanggapi kasus ini. Ia memposting artikel mengenai kasus rekannya dari salah satu media ternama dengan keterangan “Andai kita bisa shaum (shaum, makna dasarnya menahan) dari fitnah yang keji dan penyebaran hoax”. Ia juga mengatakan bahwa dalam struktur politik patriarki, para politisi perempuan berjuang jauh lebih sulit dari politisi laki-laki.

Tidak hanya Antoni, adik dari Ahok yang bernama Fify Lety Indra juga menanggapinya lewat unggahan di akun Instagram berupa foto singa, dengan caption ‘jika belum mampu menjadi singa dalam menegakan kebenaran, setidaknya jangan menjadi anjing yang terus menggonggong membela kebatilan. Berkata baik atau diam’.

Sejak diturunkannya berita ini, akun Twitter @hulk_idn yang masih berusia 6 bulan, tetap gencar memposting tentang kasus Grace Natalie dalam 24 jam terakhir, sementara akun Instagram @prof-djokhowie sudah deactive. Sementara itu, Grace Natalie sendiri telah merilis video di akun Twitternya dengan menantang @Hulk_idn untuk memposting video bukti perselingkuhannya dengan Ahok dalam 1 x 24 jam. Jika dalam waktu yang telah dibatasi, video tersebut tidak ada, maka Grace meminta profile picture yang bergambar Hulk diganti dengan Hello Kitty yang imut dan pink.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here