[Foto] Kerennya Jembatan Kebanggaan Jokowi di Papua

1
147
Dok: Ditjen Bina Marga

Pembangunan Jembatan Holtekamp yang dilakukan bersama oleh Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kota Jayapura saat ini terus dikebut penyelesaiannya. Saat ini progres pembangunan fisik jembatan terpanjang di Papua itu telah mencapai 78,68%.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura ini dapat diselesaikan lebih cepat dari target, yakni pada September 2018 atau lebih cepat dari rencana semula tahun 2019.

Jembatan ini akan memangkas jarak tempuh hingga 17 km antara distrik Jayapura Selatan ke Kota Jayapura. Hal ini berpengaruh pada waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami yang akan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang sebelumnya membutuhkan waktu 2,5 jam kini menjadi 60 menit. Dok. Ditjen Bina Marga.

Dok: Ditjen Bina Marga

Dalam desain 3D yang ditampilkan, tampak pada ujung atau akses masuk jembatan terdapat ruang terbuka yang menyediakan parkir kendaraan, dilengkapi trotoar yang nyaman bagi pejalan kaki. Jadi bagi para pengguna jalan yang mau behenti untuk menikmati keindahan atau sekadar berfoto bisa melakukan dengan nyaman.

Desain 3D yang telah dirancang oleh Kementerian PUPR, Jembatan Holtekamp tampak membentang indah dengan 2 lajur yang memiliki median atau pembatas di tengah jalannya. Sangat megah dan keren!

Dok: Ditjen Bina Marga

Jembatan yang membentang di atas Teluk Youtefa ini akan menjadi ikon baru kota Jayapura.

Lengkung box jembatan ini merupakan bentang terpanjang dan terlebar di Indonesia.

Dok: Kementrian PUPR

Pengiriman jembatan utuh dari Surabaya ke Jayapura ini membutuhkan waktu perjalanan 30 hari dengan jarak tempuh 3.200 km.

Dok: Kementrian PUPR

Saat ini, konstruksi satu dari dua box baja pelengkung bentang utama Jembatan Holtekamp sepanjang 120 meter telah rampung dan siap dikirim dengan kapal secara utuh ke Jayapura untuk dipasang.

Dok: Kementrian PUPR

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here