Hah Serius Ini Foto Pak Jokowi?

0
1127
Sumber foto: IG Agan Harahap

Lihat foto ini pertama kali rasanya nggak percaya, beda banget dengan profil Pak Jokowi yang sekarang. Apalagi terlalu banyak foto editan tersebar di media sosial, mesti hati-hati berkomentar sebelum yakin dengan keasliannya.

Foto ini diunggah pertama kali oleh Agan Harahap di akun instagramnya. beberapa komentator sempat meragukan keaslian foto ini. Karena track record Agan Harahap yang seorang pakar atau ahli edit photoshop.

Namun dari caption foto yang dituliskan oleh Agan Harahap, ia bercerita bahwa foto itu ia capture dari sebuah album foto lama seseorang yang tidak ingin disebut namanya, yang ketika muda merupakan ‘anak punk.’ Dan salah satu temannya, ya figur yang di foto itu.

Agan Harahap menuliskan:

Belum lama ini saya berkesempatan untuk berjumpa ke kediaman seorang senior mantan dedengkot punk tanah air yang kini dikenal sebagai salah satu kolektor keris. Ditemui di kediamannya dibilangan Jatinegara, beliau yang meminta agar identitasnya dirahasiakan, bercerita tentang awal pergerakan punk di Indonesia.

Beliau juga menyayangkan tentang stigma negatif yang kerap disematkan pada anak-anak punk. Menurutnya orang hanya melihat tampilan luarnya saja. Ia lalu bercerita tentang pandangan punk yang mencakup kebebasan individu, anti-otoritarianisme, etika DIY, dsb. “Tapi kesemuanya itu tentu kembali pada pribadi lepas pribadi, dik. Tidak sedikit anak-anak punk yang dulu di cap urakan itu sekarang sukses jadi orang,” tambahnya seraya mengeluarkan sebuah album foto lama.

Dengan hati-hati beliau membuka tiap lembaran di album itu. Ia menunjuk beberapa foto kawan-kawannya, sesama pionir punk Indonesia, yang kini sukses menjadi pengusaha, pejabat pemerintah, bahkan tokoh agama.

Beliau yang sejak tadi aktif bercerita, tiba-tiba terdiam. Matanya memandang lurus pada sebuah foto di album itu. “Kalo sahabat saya yang satu ini sekarang sudah jadi anak metal, dik,” ujarnya sambil tersenyum penuh arti setelah saya menanyakan siapa orang yang ada di foto itu.

“Ah, kalo dia masih muda kayak dulu, mungkin ga perlu pake stuntman…,” Gumamnya perlahan sambil menerawang.

Terlepas dari sikap skeptis. Ini keren banget. Jadi pengin tahu itu foto diambil tahun berapa, pas Pak Jokowi usia berapa.

Dia pernah remaja, pernah muda, seperti semua kita. Sekarang dia menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Ternyata ya, memang tidak boleh meremehkan penampilan tampak luar seseorang. Kita nggak akan pernah tahu ke depannya akan seperti apa dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here