Ini Dia Penyebab Bibir Hitam dan Pucat, Serta 5 Resep Mudah Untuk Membuatnya Kembali Cerah

0
1951
News Track English

Bagi perempuan, bibir yang indah bisa membuat penampilan lebih cantik. Tidak heran jika mereka mempunyai banyak lipstick dengan aneka warna yang bisa dipilih sesuai mood. Namun ketika saatnya bare face, merupakan sebuah tantangan apalagi ketika bibir terlihat gelap dan pucat. Rasanya kurang PD dengan diri sendiri, kan?

Hal ini bisa disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari, kelembaban udara yang rendah, cuaca yang terlalu dingin dan kering, dehidrasi, zat yang terdapat dalam rokok dan malnutrisi, juga lalai dalam merawat bibir yang menyebabkan pigmentasi. Tapi jangan takut, karena ada beberapa resep yang bisa Sobat Perempuan coba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. 

  1. Minyak kelapa murni

Pertama, kamu bisa mengunakan minyak kelapa karena mengandung asam lemak esensial yang menjaga bibir kamu tetap sehat dan terhidrasi, bisa melembutkan dan tampak merah muda. Oleskan minyak kelapa sebagai lip balm pada siang hari dan sebelum tidur.

2. Lemon madu untuk serum bibir

Ini adalah perawatan ampuh untuk bibir gelap yang bisa kamu lakukan di rumah. Ekstrak jeruk dari jus lemon mampu menghilangkan gelap dan madu memberi nutrisi pada bibir untuk membuatnya berwarna merah muda. 

Untuk membuatnya, campurkan jus lemon dan madu, lalu oleskan pada bibir dan biarkan selama satu jam sebelum diseka dengan kain basah yang lembut. Proses ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk menghilangkan tan dan pigmentasi.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel sedikit bersifat asam karena adanya asam alfa hidroksi. Ia bertindak sebagai agen pencerah alami dan akan menghilangkan pigmentasi dari bibir.

Kamu hanya memerlukan satu sendok teh cuka apel dan satu sendok teh air. Encerkan cuka ke dalam air, lalu bubuhkan pada bibir dengan kapas dan biarkan mengering. Bilas setelah 10 hingga 12 menit dengan air hangat dan lakukan sebanyak satu kali dalam sehari. 

PERINGATAN!
Jangan menggunakan cuka sari apel sebagai aplikasi semalaman karena paparan keasamannya untuk jangka waktu lama dapat merusak kulit.

4. Baking soda

Kegelapan bibir bisa disebabkan oleh akumulasi sel-sel mati. Baking soda bisa membuatnya mengelupas dan menghilangkan sel-sel mati ini serta membawa kulit sehat dan merah muda muncul ke permukaan.

Yang perlu disediakan adalah satu sendok teh baking soda, air, sikat gigi dan minyak zaitun. Campurkan air dengan baking soda sampai membentuk seperti odol, lalu oleskan pada bibir dan gosok dengan gerakan melingkar yang lembut dengan sikat gigi selama dua hingga tiga menit.
Bilas sampai bersih, keringkan, dan oleskan sedikit minyak zaitun.

Minyak zaitun berperan penting untuk menjaga bibir terhidrasi setelah pengelupasan.

5. Air mawar

Air mawar merangsang aliran darah ke bibir dan memberinya nutrisi, juga mencerahkan warna bibir dan meningkatkan pembaharuan sel. 

Cara menggunakannya, celupkan cotton bud pada air mawar yang sudah didinginkan, lalu oleskan pada bibir dan bawa tidur. Lakukan setiap hari sebelum tidur untuk hasil sempurna. 

Dicoba, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here