Ini Lho, Aktor Bollywood yang Merayakan Lebaran

0
2468

Tak terasa Hari Raya Lebaran akan datang sebentar lagi ya, Ladies, hari kemenangan ini tentu juga dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia termasuk di India.

Semaraknya tradisi lebaran di India tak jauh beda dengan di negara kita lho, sebelum menyambut Idul Fitri, para gadis di India akan menghias tangan dan kaki mereka dengan menggunakan henna yang indah. Tidak hanya para gadis, anak-anak disana baik wanita atau pun laki-laki juga ikut melukis tangan mereka dengan ucapan Eid Mubarak. Selain itu, akan ada bazar pakaian dan gelang berbagai warna pada malam hari sebelum perayaan.

Pada hari-H, mereka akan sholat berjamaah, berdoa bersama, saling berpelukan dan bertukar hadiah. Setelah selesai sholat, para pria akan berjalan menuju makam keluarga mereka yang telah meninggal dunia untuk berkunjung dan menghormati mereka.

Perayaan Idul Fitri tidak akan lengkap tanpa makan bersama anggota keluarga. Di sini hidangan wajib yang selalu ada pada saat lebaran adalah Sevaiyan, yaitu sepiring mie sohun yang disajikan dengan susu, buah kering dan makanan manis lainnya seperti permen.

Selama perayaan Idul Fitri di India, ternyata kemeriahan ini tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja, penduduk non-muslim pun akan datang dan ikut merasakan kegembiraan dan saling menghormati satu sama lain.

Nah siapa sih seleb Bollywood terkenal yang merayakan lebaran, simak di bawah ini yuk!

1. Shahrukh Khan

Siapa yang kenal dengan aktor kawakan satu ini? Namannya sudah mendengung di dunia. Ya ternyata Shahrukh Khan juga seorang Muslim yang merayakan lebaran seperti seluruh Muslim lainnya.

Khan lahir pada 2 November 1965 dalam sebuah keluarga Muslim di New Delhi. Selain sebagai aktor ia juga dikenal adalah seorang pemeran film, produser dan pembawa acara televisi asal India.

Disebut dalam media sebagai “Baadshah of Bollywood”, “King of Bollywood” atau “King Khan”, ia telah tampil dalam lebih dari 80 film Bollywood, dan meraih sejumlah penghargaan, termasuk 14 Penghargaan Filmfare. Khan memiliki penggemar berjumlah signifikan di Asia dan diaspora India di seluruh dunia. Dalam hal jumlah audien dan pemasukan, ia disebut sebagai salah satu bintang film paling sukses di dunia.

Pada 2015, Khan menjadi salah satu ketua dari perusahaan produksi perfilman Red Chillies Entertainment dan subsidier-subsidiernya, dan salah satu pemilik dari tim kriket Liga Primer India Kolkata Knight Riders.

Pada Agustus 2017, ia menjadi pemeran berbayaran tertinggi kedelapan di dunia, dan berbayaran tertinggi di India, menurut Forbes.

Meskipun Khan diberi nama lahir Shahrukh Khan, ia lebih sering menulis namanya dengan sebutan Shah Rukh Khan, dan umum disebut dengan akronim SRK. Ia menikahi Gauri Chibber, seorang Hindu Punjabi, dalam sebuah upacara perkawinan Hindu tradisional pada 25 Oktober 1991, setelah menjalin hubungan selama enam tahun.

Meskipun ia sangat meyakini Islam, ia juga menghargai agama istrinya. Anak-anaknya mengikuti kedua agama tersebut; di rumah, sebuah al-Qur’an diletakkan bersebelahan dengan patung-patung dewa Hindu.

2. Salman Khan

pakistantoday

Terlahir dengan nama Abdul Rashid Salim Salman Khan, pada 27 Desember 1965, debut aktingnya pertama kali pada tahun 1988 dalam film Biwi Ho Untuk AISI di mana ia memainkan peran pendukung. Peran utama pertamanya dalam sebuah film Bollywood di Sooraj R. Barjatya ‘s romance Maine Pyar Kiya (1989). Film itu kemudian menjadi salah satu film terlaria di India.

Pada tahun 2004, ia terpilih sebagai salah satu dari 7 pria India paling tampan dan terbaik di dunia di dunia oleh majalah People, US, Khan juga telah terlibat dalam beberapa kegiatan amal selama kariernya

Sebagai seorang Muslim, tentu Salman Khan juga turut merayakan hari kemenangan seperti umat Muslim lain di seluruh dunia.

3. Aamir Khan

wowchanel

Aktor yang satu ini terlahir dengan nama Muhammed Aamir Hussain Khan pada 14 Maret 1965. Selain sebagai aktor, ia juga seorang produser dan sutradara di industri perfilman Bollywood.

Aamir Khan memulai kariernya sebagai seorang aktor dalam film anak milik pamannya sendiri, Nasir Hussain dalam film Yaadon Ki Baaraat (1973). Sebelas tahun kemudian Khan terjun ke karier profesionalnya dengan film Holi (1984). Pada film Qayamat Se Qayamat Tak (1988), ia memenangkan penghargaan pertamanya dalam festival film sebagai debut aktor terbaik (Filmfare Award for Best Debut Actor). Dan pada tahun 1990-an, Khan menerima penghargaan sebagai aktor terbaik dalam acara Filmfare Award untuk penampilannya di film Raja Hindustani (1996).

Pada tahun 2015, ia membintangi film keren berjudul PK.

Dia berasal dari keluarga Muslim Pathan yang memang telah aktif terlibat dalam industri film India selama beberapa dekade.

Aamir Khan merupakan keturunan ulama dan politikus Maulana Abul Kalam Azad dan sepupu kedua dari mantan Ketua Rajya Sabha, Dr Najma Heptullah.

4. Saif Ali Khan

the india express

Pria kelahiran 16 Agustus 1970 ini adalah seorang aktor film dan produser berkebangsaan India yang memiliki nama lahir Sajid Ali Khan.

Khan memulai debut pertamanya dalam dunia perfilman pada tahun 1992 dengan judul Parampara yang diproduksi oleh Yash Raj Films. Film yang membuatnya lebih di kenal adalah peran sebagai Deepak Kumar dalam film Main Khiladi Tu Anari. Selain itu, hasil kerjanya dalam Kal Ho Naa Ho (2003) membuatnya menerima Penghargaan Filmfare sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Ia merupakan seorang muslim yang menikah dengan Kareena Kapoor yang beragama Hindu dan lebih muda 10 tahun darinya.

Sebagai seorang muslim tentu ia juga merayakan hari lebaran layknya muslim lainnya di seluruh dunia.

5. Irrfan Khan

Terlahir dengan nama Sahabzade Irrfan Ali Khan pada 7 Januari 1967,  ia
adalah seorang aktor film India yang dikenal karena karya-karyanya yang pada umumnya berada di sinema Hindi. Ia juga dikenal karena karya-karyanya dalam film-film Inggris, dan Hollywood.

Ia juga terkenal dengan aktingnya dalam film Life of Pi.

Khan menjadi tamu kehormatan di Festival Film India River to River. Florence 2014. Kritikus film, tokoh sezamannya dan pakar lainnya menganggapnya sebagai salah satu aktor paling sempurna dalam sinema India karena kemampuan akting alami dan menjiwainya.

Ia juga seorang muslim yang tentunya merayakan lebaran, namun ia pernah dikecam oleh ulama India karena pernyataanya mengenai qurban.
“Arti qurban adalah mengurbankan sesuatu yang dekat dengan Anda, bukannya kambing atau domba yang Anda bisa beli untuk dikurbankan,” kata Khan kepada koran Deccan Herald.

Ulama kemudian meyarankan agar aktor Muslim tersebut memusatkan perhatian pada kariernya di film saja dan menahan diri untuk tidak “menyampaikan pernyataan sembarang mengenai agama kami”.

Itulah seleb Bollywood terkenal yang juga merayakan lebaran seperti Muslin lainnya di dunia.

Selamat mempersiapkan hari kemenangan yang tinggal hitungan hari, Ladies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here