Inilah Selebriti Hollywood Muslim dan Menjalankan Ibadah Puasa

0
8519

Tanpa terasa ibadah puasa akan berakhir sebentar lagi ya, Ladies!  Dan ibadah puasa tentunya diwajibkan bagi umat Islam di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu kalau beberapa selebriti Hollywood yang  Muslim juga pastinya menjalankan ibadah puasa? Siapa sajakah mereka?

1. Zayn Malik

the guardian

Malik lahir pada 12 Januari 1993 di Bradford, West Yorkshire, Inggris. Ayahnya, Yasser Malik, berdarah Pakistan, sedangkan ibunya, Trisha Malik adalah orang Inggris, dan berdarah Irlandia dan masuk Islam sesudah menikah.

Malik adalah seorang Muslim, ia berbicara menggunakan Bahasa Inggris dan Urdu, dan ia juga bisa membaca tulisan Arab.

Mantan personel One Direction yang sedang merambah karier sebagai produser eksekutif serial televisi tentang boyband di Amerika Serikat ini pernah mencuit dua kalimat syahadat. Pada Ramadan 2011, ia juga berpuasa. Pada hari pertama Ramadhan, Malik mencuit, “Hari pertama, siapa yang puasa?”

Dia telah menjadi target anti-Muslim, sehingga ia menghapus akun Twitternya pada 2012. Gara-garanya selama konflik Israel–Gaza tahun 2014, Malik memposting “#FreePalestine” di Twitter, dan membuatnya mendapat respon kemarahan dan ancaman kematian.

2. Shaquille O’Neal

clutchpoints

DI NBA, nama Shaquille O’Neal adalah salah satu yang dianggap “dewa” olahraga basket. Pada tahun 2010, dunia kemudian dikejutkan dengan pernyataan Shaq bahwa ia adalah seorang Muslim. Pada tahun itu, ia juga menyatakan akan segera pergi berhaji.

“Tentu saja saya percaya pada Tuhan. Hanya Allah yang bisa memberi saya apa yang saya miliki,” katanya. “Sudah waktunya untuk menuju langkah berikutnya.”

Ayah tiri Shaq merupakan seorang muslim. Entah kenapa, sang ibu baptis, Lucille yang membesarkannya menamainya Shaquille O’Neal Rashaun, yang artinya “prajurit kecil” dalam bahasa Arab.

“Saya ingin anak-anak saya memiliki nama yang unik,” terang Lucille waktu itu. “Bagi saya, hanya dengan memiliki nama, berarti sesuatu membuat Anda istimewa.”

Lucille mengaku tertarik pada Islam karena sejumlah besar muslim telah mengubah suasana di lingkungannya.

3. Mike Tyson

Getty/Mike Fiala

Siapa tak kenal Mike Tyson. Juara tinju kelas berat ini mengubah namanya menjadi Malik Abdul Aziz dan masuk Islam.

Tyson adalah ikon olahraga tinju sejak kemunculannya di pertengahan 80-an. Kecepatan, tenaga, keganasan menjadi satu dalam balutan serangan beruntun Tyson.

Mike Tyson pernah ada di puncak dunia ketika ia jadi juara dunia tinju kelas berat dan menjadi atlet dengan bayaran termahal di dunia. Namun seperti roda yang berputar, kehidupan Tyson jatuh ke titik terendah saat ia harus mendekam di penjara lantaran kasus pemerkosaan terhadap Desiree Washington.

Dalam kesunyian dan kegelapan itu, Tyson kemudian melihat cahaya yang menuntun hidupnya. Perkenalan Tyson dengan Muhammad Siddeeq mengubah jalan hidup Tyson. Persahabatannya dengan Hakeem Olajuwon dan kekagumannya pada Muhammad Ali juga berperan besar di balik keputusannya.

Adalah Siddeeq yang memperkenalkan Tyson dengan Islam ketika masih di penjara. Siddeeq merupakan ustaz yang memimpin acara keagamaan Islam setiap Sabtu di Plainfield Correctional Facility.

4. Akon

Penyanyi rap papan atas dunia, Akon mengaku menjalani kehidupannya sebagai seorang muslim. Sekalipun mengaku masih belum sempurna sebagai seorang pemeluk Islam, penyanyi bernama lengkap Aliaune Damala Badara Akon Thiam ini berujar bahwa dirinya terus mencoba mengikuti garis hidup seorang muslimin.

Dalam sebuah wawancara di acara televisi The Ellen Degeneres Show, Akon berujar, “Saya tidak minum atau pun merokok. Karena saya mencoba untuk menjadi seorang muslim yang sesungguhnya,” ujar dia dalam acara talk show populer di Amerika, beberapa waktu silam

Dalam sebuah lirik lagunya, Akon menulis, “So what you know about how God comes first in our lives, everything that we do is for Allah.”

5. Janet Jackson

theunitedwest

Adik mendiang Michael Jackson ini sudah lama dikabarkan berpindah keyakinan ke agama Islam, terutama setelah menikah dengan seorang pengusaha kaya asal Qatar, Wissam Al Mana.

Dinikahi miliarder muslim Wissam al-Mana, Janet Jackson memeluk Islam pada 2013. Adik mendiang King of Pop Michael Jackson ini dikabarkan merayakan Ramadan pertamanya pada 2014.

Salah seorang sumber melalui sebuah wawancara dengan The Sun mengungkapkan “Sejak berpindah agama, dia (Janet) merasa telah menemukan rumah barunya. Ia juga sudah berbicara dengan keluarganya, dan mereka benar-benar menghargai keputusannya. Dia akhirnya mulai belajar tentang segala hal tentang Islam.”

Bahkan saat tengah mengandung anak pertamanya, dengan ditemani oleh suaminya, Janet mendadak muncul berhijab. Berkunjung ke sebuah toko perlengkapan bayi, wanita ini tampak mengenakan outfit serba hitam yang merupakan hoodie poncho dan celana lebar.

6. Busta Rymes

Rapper berusia 41 tahun ini dikabarkan masuk Islam pada tahun 2007 silam. Dalam sebuah wawancara, Busta Rymes menyebut Islam sebagai agama yang sesuai dengan spiritnya. Menurutnya, Islam selaras dengan keluarganya.

Lahir dengan nama Trevor Tahiem Smith, Jr., Busta Rhymes bangga sebagai seorang Muslim. Dia berulang kali menyebut kesuksesannya didapat karena dia adalah muslim yang taat. Dalam sebuah wawancara dengan Hollywood TV pada 2007, Rhymes mengatakan, “Saya menjalani hidup saya melalui Islam.”

7. Jemima Goldsmith

Terlahir dengan nama Jemima Marcelle Goldsmith 30 January 1974, Jemima merupakan seorang model, produser dan jurnalis keturunan Yahudi dan Inggris.

Jemima menikah dengan pria Pakistan bernama Imran Khan, secara Islam pada 16 Mei 1995 di Paris. Dan setelah menikah ia kemudian menganut agama Islam dan berganti nama menjadi Jemima Khan.

Walaupun akhirnya mereka bercerai dan dibesarkan dalam masyarakat Yahudi, tetapi Jemima masih tetap menjadi seorang Muslim.

8. Jermaine Jackson

naijagist

”Semoga Allah selalu menyertaimu Michael (Jackson), I love you ….” Sepenggal kalimat itu terlontar dari mulut saudara tertua Raja Pop dunia, Michael Jackson, yakni Jermaine La Jaune Jackson.

Bukan tanpa alasan Jermaine melontarkan kalimat tersebut. Sebab, ia adalah seorang pemeluk agama Islam yang telah menjadi mualaf sejak 1989. Dan sejak menjadi penganut agama Islam, Jermaine Jackson berganti nama menjadi Muhammad Abdul-Aziz Jackson.

Persentuhan Jermaine dengan agama Islam bermula dari kunjungannya ke beberapa negara di Timur Tengah. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka tur promo musik yang dilakukan bersama saudara perempuannya. Salah satu negara yang dikunjunginya adalah Bahrain. Selama di Bahrain, diakui Jermaine, dia merasa nyaman.

9. Ice Cube

allhiphop

Sutradara, rapper dan aktor ini berpindah ke Islam pada tahun 90-an. Ia pernah berkata, “Saya menganggap diri sendiri seorang muslim yang natural, karena persoalan saya hanya di antara saya dan Allah.

10. Mahershala Ali

popsugar

Mahershala Ali telah mencetak sejarah sebagai aktor Muslim pertama yang memenangkan Piala Oscar, untuk perannya sebagai pengedar narkoba dalam film Moonlight.

Itu juga merupakan kali pertama bagi Ali, yang pindah agama dan memeluk Islam 17 tahun lalu, dinominasikan untuk meraih Oscar.

Mahershala mengganti nama belakangnya dari Gilmore ke Ali, dan ia bergabung dalam komunitas Muslim Ahmadiyya.

Ali, lahir dari keluarga Kristen. Bahkan ibunya adalah seorang pendeta Kristen. Ali masuk Islam pada tahun 1999 dan bergabung dengan minoritas Jamaah Ahmadiyah pada tahun 2001.

Dikatakannya, ia dan ibunya mengesampingkan perbedaan keyakinan mereka, karena perbedaan itu merupakan hal yang ‘tidak penting.’

11. Dr. Mehmet OZ

TIMOTHY A. CLARY/AFP/Getty Images

Penonton acara talk show populer Amerika, The Oprah Winfrey Show, pasti sudah tidak asing pada sosok Dr. Oz. Dialah seorang dokter yang kerap mengisi tema kesehatan di acara talk show paling populer di dunia itu.

Selain di acara Oprah, Oz juga kerap mengisi acara Larry King Live. Sejak tahun 2009, Dokter Oz memiliki program acara televisi yang diproduksi Harpo Productions dengan judul The Dr Oz Show.

Sejak kecil ia telah dididik dengan dua gaya Islam yang berbeda, saya dididik oleh ibu yang Islam sekuler namun ayah saya sangat teguh memegang prinsip Islam,” ujarnya.

Hingga kini, dia mengaku masih memeluk Islam. Oz mengatakan bahwa gaya sufi Islam sangat mempengaruhi dirinya.

12Ellen Burstyn

pinterest

Aktris peraih Oscar pada tahun 1975 untuk Best Actress in a Leading Role melalui film Alice Doesn’t Live Here Anymore (1974) ini penganut agama Katolik sebelum, dan akhirnya memeluk Islam Sufi.

Perjalanannya menjadi muslim setelah mengalami pergolakan batin yang cukup panjang dalam hidupnya. Memgalami kekerasan semasa kecil, dan 3 kali bercerai membuatnya depresi.

Setelah melakukan perjalanan spiritual ke beberapa negara seperti Tibet, India, Thailand, Israel, Vatikan dan Arab Saudi, akhirnya Ellen memutuskan untuk memeluk agama Islam sebagai jalan baru yang ia imani.

Kini ketika Bulan Ramadhan datang, artis kelahiran Michigan itu juga turut menjalankan ibadah puasa seperti umat muslim lain di seluruh dunia.

Yup, itulah para selebriti Hollywood yang beragama Islam dan pastinya juga menjalankan rukun Islam yang ke tiga sebagai kewajiban bagi pemeluknya, yaitu berpuasa di Bulan Ramadan seperti umat muslim di seluruh dunia pada umumnya.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, Ladies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here