IQ Habibie Kalahkan Einstein! Ini Dia 5 Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia

0
353

Tingginya IQ seseorang menentukan seberapa jeniusnya ia, justru lebih dihargai dibandingkan dengan mereka yang lebih menonjolkan kecantikan wajah, kemolekan tubuh, kekayaan harta, dan kemewahan gaya hidup.

Meski belum ada cara pasti untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang, tapi tes IQ diyakini sebagai cara paling tepat untuk melakukan pendekatan tersebut.

Dengan diberikan tes IQ yang sedikit rumit, beberapa orang ternyata mampu memberikan hasil tes IQ yang tinggi

Ini lho, 5 daftar orang dengan IQ paling tinggi di dunia. Salah satunya ternyata dari Indonesia!

1. William James Sidis (250-300)

William James Sidis lahir di Amerika Serikat pada 1 April 1898. Diperkirakan dia memiliki IQ antara 250 hingga 300. Dia masuk Harvard ketika masih berumur 11 tahun untuk belajar matematika. Pada umur 2 tahun ia sudah terbiasa membaca New York Times di pagi hari. Ia juga mampu menulis buku tentang anatomi dan astronomi ketika masih berusia 8 tahun.

William diyakini sebagai seorang ahli matematika yang tak terbantahkan. Ia
berhasil menguasai 40 bahasa asing dalam usia yang sangat muda.

Sayang, manusia paling pintar di bumi ini tidak hidup bahagia, memiliki sedikit teman dan meninggal di usia 46 tahun.

2. Terence Tao (230)

Tao lahir pada 17 Juli 1975 di Australia dan dibesarkan di Shanghai. Orang tuanya adalah pasangan dokter dan guru. Kabarnya, dalam usia 2 tahun Terence Tao sudah menunjukkan ketertarikan pada aritmatika. Dan saat usianya mencapai 20 tahun, dia mendapatkan gelar PhD dari Princeton.

Dengan kejeniusannya, dia mendapatkan banyak penghargaan seperti Australian of the Year, Clay Research Award, SASTRA Ramanujan Prize, Alan T. Waterman Award dan Crafoord. Pada tahun 2013, Tao telah menerbitkan lebih dari 250 makalah penelitian dan 17 buku.

Ayahnya menceritakan bahwa Tao ketika umur dua tahun mampu mengajarkan aritmatika dan bahasa Inggris pada kerabat yang usianya lima tahun. Dia menjuarai berbagai olimpiade skala internasional sekaligus menjadi pemenang yang paling muda.

Ia memiliki IQ 230. Saat ini Terence Tao menjadi profesor di University of California, Los Angeles.

3.Christopher Hirata (225)

Dalam usia 13 tahun, Christopher Hirata sukses meraih medali emas dalam ajang Olimpiade Fisika Internasional di tahun 1996. Setahun setelahnya, dia masuk California Institute of Technology. Pada umur 16 tahun, dia sudah ikut bergabung dengan proyek NASA. Hirata memulai kelas doktornya di bidang astrofisika ketika umur 18 tahun.
Pada tahun 1982 lalu, Hirata telah mencatatkan namanya di daftar orang-orang jenius dengan skor IQ 225. Pria super jenius ini telah meyelesaikan pelajaran kuliah sarjana ketika umur 12 tahun.

4. Kim Ung-Yong (210)


Berbeda dari bayi biasa, saat berusia 6 bulan Kim Ung-Yong sudah mulai belajar bicara. Dan pada ulang tahunnya yang ke-3, dia sudah bisa membaca bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan Jerman. Pada tanggal 2 November 1967, di usia lima tahun, ia muncul pada acara di Fuji TV di Jepang dan membuat penonton terpukau karena mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit.
Dia berkarier di NASA selama 10 tahun, untuk kemudian kembali ke Korea Selatan demi mengabdi menjadi seorang pengajar. Sekarang ia bekerja di Universitas Nasional Chungbuk.

5. B.J. Habibie (200)

Nah, ini nih yang bikin bangga. Mantan presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie sukses nongkrong dalam jajaran orang ber-IQ tertinggi di dunia dengan angka 200!

Habibie pernah bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman, sehingga mencapai puncak karier sebagai seorang wakil presiden bidang teknologi. Pada tahun 1973, ia kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Soeharto.

Bukan hanya sukses di Indonesia, nama Habibie diakui dunia. Bahkan beliau memiliki jasa besar dalam dunia penerbangan Internasional.

Siapa sangka nama Albert Einstein tidak muncul dalam daftar 5 orang dengan IQ tertinggi di dunia? Bahkan IQ Albert Einstein yang hanya 160 terkalahkan oleh kecerdasan B.J. Habibie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here