Jangan Gunakan Foundation untuk Wajahmu Jika…

0
29269
Sumber gambar: productnation.co

Suka pakai foundation, Ladies? Dasar makeup satu ini memang membantu riasan tidak mudah luntur, menutupi kekurangan wajah juga dan matte foundation cocok untuk kulit berminyak karena hasil akhirnya yang lebih kering dan menyatu dengan kulit. Wajah tidak gampang berminyak dan memungkinkanmu tidak perlu touch up berkali-kali.

Namun, katakan bye-bye pada matte foundation jika pori-porimu besar, Ladies! Memang sih, seperti yang saya sebutkan di atas, foundation jenis ini bisa menutupi kekurangan wajah termasuk pori besar yang menganggu. Akan tetapi, apa kabar komedo? Memaksakan menutupi pori besar dengan terus-menerus memakai matte foundation tentu akan menyumbat pori, menghalangi kulit untuk bernapas, apalagi jika setelahnya kita tidak rajin membersihkan wajah. Belum lagi, lapisan di luar foundation seperti bedak dan riasan. Komedo dan masalah kulit wajah lainnya seperti minyak, jerawat bahkan kulit kusam akan menanti.

Untuk itu, pastikan menggunakan matte foundation bukan untuk menutupi pori besar.  Its a big no-no! Ada baiknya kamu merawat kulit lebih dulu agar porimu mengecil. Ada cara alaminya, loh! Mau tahu? Simak di bawah ini!

Masker Wajah

Masker wajah yang terbuat dari bahan alami dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti mengecilkan pori-pori tanpa merusak kulit. Masker timun+lidah buaya, masker putih telur dan masker cuka apel, dipercaya sebagai tiga jenis masker penghilang pori besar yang ampuh.

Air Rendaman Beras

Beras mengandung bahan-bahan alami untuk mengecilkan pori, di antaranya asam ferullic dan allantoin. Nah, jika tidak ingin repot menumbuk beras untuk dijadikan masker, kamu cukup merendam beras dalam semangkuk air lalu mencuci wajah dengan air rendaman tersebut.

Perbanyak Minum Air Putih

Pori yang besar, selain disebabkan oleh faktor genetik, pun dapat dipicu oleh faktor luar seperti kulit yang dehidrasi atau kering. Untuk menjaga kelembapan alami kulit, minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

Melakukan Pengangkatan Sel Kulit Mati

Harusnya, pori-pori besar tidak menjadi masalah jika kulitmu sehat. Tidak akan kentara. Yang jadi masalah adalah jika kotoran menyumbat pori-porimu dan membuatnya terlihat besar. Untuk itu, diperlukan pengangkatan sel kulit mati agar kulit wajahmu terhindar dari penyumbatan dan pori besar. Lakukanlah scrubbing. Bisa dengan produk yang dijual bebas di pasaran, atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan madu dan gula lalu aplikasikan pada wajah, gosok perlahan. Ingat, jangan menggosok terlalu keras dan melakukan scrub terlalu sering karena justru akan menghilangkan kelembapan alami kulitmu. Selain itu, pemakaian pelembap setelah scrubbing pun sangat disarankan. Sel kulit mati out,  bebas dari pori besar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here