Skip to main content
Categories
Karir

Jenis Psikotest Saat Melamar Kerja

Kenali Jenis Psikotest saat sedang melamar kerja.

Saat memutuskan melamar pekerjaan di perusahaan tertentu, ada baiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum mengikuti tes. Salah satunya adalah mengenal jenis psikotest. Tujuannya supaya Ladies tidak kaget dan punya bayangan, seperti apa sih tes yang akan Ladies hadapi nanti. 

Setelah mengirim berkas lamaran kerja, Ladies tentunya harap-harap cemas, menunggu apakah lolos ke tahap berikutnya. Selain wawancara, tes tertulis juga kerap dipakai perusahaan-perusahaan untuk merekrut pegawai baru. Tes tulis yang sering disebut psikotest ini ada beberapa jenisnya. 

Yuk, cari tahu, apa saja jenis psikotest yang sebaiknya dikuasai saat melamar kerjaan baru!

1. Logika Aritmatika.

Logika aritmatika sering juga disebut dengan tes deret angka. Dalam tes ini kita harus memahami pola deretan angka, entah itu penjumlahan, perkalian, persentase, maupun pola angka lainnya. Tujuan dari tes logika aritmatika adalah untuk melatih kecermatan dan ketelitian.

2. Psikotest Spasial.

Psikotest spasial adalah tes untuk mengenali berbagai hubungan dalam bentuk gambar atau visual. Tujuan dari psikotest ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang melihat dan memanipulasi potongan-potongan figur dalam ruang.

3. Tes Wartegg.

Tes Wartegg adalah tes psikologi atau psikometri yang dibuat untuk mengetahui karakter seseorang berdasarkan imajinasi, emosi, dinamisme dan really fuction. Dalam tes ini peserta akan diminta untuk melengkapi gambar.  Tujuan tes ini adalah untuk melihat kepribadian seseorang dalam pengambilan keputusan dan mengontrol sesuatu.

4. Tes Kraepelin.

Tes Kraepelin awalnya digunakan untuk mengetahui defenisi mental seseorang. Tes ini dikembangkan untuk mengukur perhatian seseorang dalam jangka waktu yang singkat. Tujuannya untuk menilai kemampuan dalam ketahanan, ketelitian dan kemampuan dalam menyesuaikan diri.

5. DiSC Personality Test.

DiSC merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Tes ini dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai personality profile seseorang khususnya di dunia kerja.

Share this with your friends

Subscribe our newsletter?

Join Newsletter atau Hubungi Kami: contact@aksaradigital.id

Inspirasi
BelanjaKarirKecantikanKehidupanKeluargaIndeks
Let's be friends