Lagi Program Hamil? Ajak Pasanganmu Lakukan Diet Mediterania

0
85
pixabay

Salah satu syarat untuk mengikuti program hamil adalah jangan stress. Jadi, jika beberapa kali gagal dalam program ini, sebaiknya dibawa santai dan terus melakukan usaha lain tanpa merasa tertekan. Karena menurut penelitian, jika seseorang terlalu tertekan (stress), otaknya akan memproduksi molekul yang bernama Neuropeptida yang merupakan respon dari stress itu sendiri. Molekul ini dapat mengacaukan proses reproduksi sehingga peluang untuk hamil pun semakin kecil.

Jadi, setiap perempuan yang sedang melakukan program hamil sangat dianjurkan untuk tetap bahagia, berfikir positif, serta menyelaraskan hubungan tubuh dan pikiran yang sehat. Memilih makanan juga sangat berperan penting untuk meningkatkan ovulasi. Kamu dan pasangan bisa melakukan diet mediterania, yaitu mengonsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan dan unggas.

Menurut Dr. Edward Marut dari Fertility Center of Illinois, sebuah studi besar menemukan bahwa diet mediterania telah terbukti bisa meningkatkan keberhasilan pembuahan sel telur sehingga hal tersebut dapat memperbaiki kesuburan secara keseluruhan. Ada 5 makanan super dari diet mediterania yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh calon ibu hamil serta calon ayah, karena 5 jenis makanan ini juga bisa membantu meningkatkan kesuburan pria.

  1. Alpukat

Siapa sih yang ga suka avocado toast buat sarapan? Selain tampilannya cantik, menyehatkan, rasanya juga enak! Alpukat dipercaya mempunyai asam folat, salah satu nutrisi yang bermanfaat bagi kesuburan perempuan dan pria. Studi  telah menunjukkan bahwa kandungan ini  dapat memperbaiki ovulasi, dan pria yang mendapat folat dalam dosis tinggi, mampu membuat spermanya  sehat.

Selain alpukat, folat juga berlimpah dalam banyak makanan seperti  jeruk, biji bunga matahari , dan sayuran hijau.

  1. Tiram

Selain menjadi afrodisiak alam, tiram adalah sumber zinc yang paling kaya dan nutrisi utama dalam hal prokreasi. Zinc dapat membantu meningkatkan kadar testosteron juga kualitas dan kuantitas sperma. Jadi, makanlah beberapa tiram untuk meningkatkan kesuburanmu dan pasangan. Tapi kalau kamu sudah berhasil hamil, konsumsi tiram harus dihentikan. Karena tiram membawa jenis bakteri alami, yaitu Vibrio vulnificus, yang bisa mengancam nyawa calon Ibu dan bayinya.

  1. Susu full-fat

Finally, kamu yang doyan eskrim, punya alasan untuk mengonsumsi makanan ini lebih banyak, karena ternyata susu full-fat lebih baik daripada susu skim saat kamu dalam masa program hamil. Fakta menyenangkan lainnya mengatakan, ketika kamu menyingkirkan lemak, itu berarti kamu juga menyingkirkan lebih banyak hormon perempuan dan estrogen. So, ga usah memusuhi jenis makanan ini, girls!

Selain susu full-fat yang terdapat pada eskrim, kamu juga bisa mengonsumsi yogurt full-fat dengan stroberi di atasnya, karena Vitamin C dalam buah beri benar-benar akan membantu kalsium dalam yogurt menyerap lebih baik. Sounds good?

  1. Wild salmon

Salmon adalah sumber omega-3 yang hebat, seperti juga ikan kecil lainnya, seperti sarden, ikan asin, dan telur yang diperkaya omega-3. Bagi vegetarian, kamu bisa mendapatkannya pada kacang kenari dan biji rami.

Omega-3 dapat membantu mengatur hormon dalam tubuh, meningkatkan lendir serviks yang berkualitas, dan juga mendorong ovulasi.

  1. Vitamin D

Ada banyak penelitian baru yang membahas tentang manfaat Vitamin D untuk kesuburan, ini terkait dengan motilitas sperma yang lebih baik, membantu mengatur kadar gula darah kita, juga membantu ovulasi secara keseluruhan. Yuk, segera berburu menu diet mediterania sebagai pertolongan dari segi makanan, diimbangi dengan pikiran dan pola hidup yang sehat.

Semua tahu bahwa kehamilan merupakan anugerah yang Tuhan berikan. Tidak semua perempuan dimudahkan untuk mendapatkan anugerah tersebut, tapi setiap usaha pasti akan mendapat hasil yang baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here