Lantunan Nina Bobo Perempuan Muslim Ini Selamatkan Bayi Yahudi

0
219
Mima Saina, kiri. Foto: dok Alfred Munzer

Mima Saina adalah seorang perempuan muslim dari Indonesia yang bekerja sebagai pembantu dari Tole Madna. Tole Madna adalah orang Indonesia yang beragama Katolik yang menetap di Belanda.

Pada tahun 1941 saat Jerman menginvasi Belanda, pasukan Nazi secara kejam membantai kaum Yahudi yang ada di Belanda. Salah satu keluarga Yahudi, keluarga Simcha dan Gisele Munzer ketakutan dan menitipkan anak-anak mereka ke tetangga. Salah satu anaknya yang laki-laki, Alfred Munzer, dititipkan kepada Annie Madna. Namun, karena Annie tinggal di sebelah simpatisan Nazi, ia kemudian menitipkan Alfred kepada mantan suaminya, Tole Madna.

Saat terjadi perburuan kaum Yahudi, Alfred yang masih bayi disembunyikan di rumah Tole. Di rumah tersebut, ia dirawat oleh Mima, pembantu Tole Madna. Saat rumah Tole digeledah, Alfred disembunyikan oleh Mima. Mima menyanyikan lagu Nina Bobo agar si kecil Alfred pulas sehingga tidak diketahui jika sedang bersembunyi.

Bahkan Mima juga menaruh pisau di bawah bantal yang ditiduri oleh bayi Alfred. Sebagaimana kepercayaan orang Jawa yang kerap melakukan hal tersebut agar si bayi terhindar dari hal-hal buruk atau setan.

Luar biasanya, Mima juga rela berjalan bermil-mil hanya untuk mendapatkan susu bagi Bobby, panggilan Alfred dari keluarga Tole. Alfred diasuh keluarga Tole sejak sembilan bulan hingga sekitar usia tiga setengah tahun.

Atas jasa-jasa Mima Saina dan Tole Madna, nama keduanya terukir di monumen di taman Righteous Among the Nations, Israel. Kawasan tersebut merupakan tempat yang diperuntukkan bagi kalangan non-Yahudi yang telah berjasa bagi kaum Yahudi dalam peristiwa Holocaust, atau pembantaian besar-besaran yang dilakukan oleh Nazi terhadap kaum Yahudi.

Alfred yang kini berusia 77 tahun masih mengenang sosok ibu angkatnya tersebut. Mima baginya adalah seorang wanita berhati emas. Lantunan lagu Nina Bobo membuat pensiunan dokter ini selalu terharu dan teringat dengan Mima Saina. Saat ini, Alfred tinggal di Washington DC, Amerika Serikat. Dilansir dari yukepodotom.

Berkat jasa keduanya, pada tahun 2003, Congregation Adas Israel di Washington DC beserta Senator California, Henry A. Waxman, mengusulkan nama Tole Madna dan Mima Saina sebagai pahlawan. Tak hanya itu, kisah keduanya juga diabadikan dalam film yang berjudul “Nina Bobo untuk Bobby”. Film karya Monique Rijkers ini diluncurkan pada 16 November 2017 pada peringatan hari Toleransi Internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here