Tanak Nasi di Rice Cooker Cepat Basi? Ilmu Fisika Ini Penjelasannya

0
170
Sumber gambar: Prof. Dr. Mikrajuddin Abdullah
Pfor. Dr. Mikrajuddin Abdullah. Foto: dok ITB

Seringkali nasi yang sudah masak di rice cooker apabila tidak langsung diangkat atau dipindahkan ke wadah lainnya, nasi menjadi bau atau cepat basi. Banyak orang mengira itu karena kualitas dari rice cookernya. Namun ternyata secara ilmu fisika tidak begitu. Hal ini dijelaskan oleh seorang profesor dari ITB (Institut Teknologi Bandung).

Adalah Prof. Dr. Mikrajuddin Abdullah di laman aku media sosialnya pada tahun 2013 pernah menjelaskan mengenai penyebab dari cepat basinya nasi yang dimasak dengan rice cooker.

Prof. Mikrajuddin menjelaskan bahwa, “… setelah nasi matang masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama.”

Ia melanjutkan, “Akibatnya jika nasi tidak diaduk maka air akan terperangkap cukup lama dalam nasi, dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.”

Sebaliknya, “Jika nasi diaduk setelah matang maka tercipta ruang kosong di antara butiran nasi sehingga air yang terperangkap bisa menguap keluar.”

“Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi),” jelasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here