Terpaksa Memencet Jerawat? Simak Tipsnya Agar Tidak Meninggalkan Bekas

0
193
Times Indonesia

Jerawat adalah masalah kulit yang tak dapat dihindari. Penyebabnya beragam, mulai dari hormon hingga bakteri.

Walaupun banyak saran yang dianjurkan agar tidak menyentuh jerawat apalagi memencetnya, ada saatnya kita terpaksa melakukannya karena jerawat sudah ‘matang’, timbul putih di tengahnya dan itu amat mengganggu penampilan. Atau ketika ingin menghadiri acara penting, namun jerawat tak kunjung hilang, kita kerap menyingkirkannya dengan cara memencet.

Nah, jika terpaksa harus memencet jerawat, maka lakukan dengan benar ya, Sobat! Jangan sampai jerawat malah tambah meradang atau yang terparah, meninggalkan bekas. Berikut tipsnya agar jerawat yang kita pencet tidak menimbulkan bekas.

Lakukan langkah-langkah di bawah secara bertahap!

Pencet ketika Pori Wajah Terbuka

Sebelum memencet jerawat, cuci wajah dengan air hangat ya, Sobat. Selain bertujuan untuk membersihkan wajah, air hangat juga mampu membuat pori wajah terbuka sehingga memencet jerawat menjadi lebih mudah. Memencet jerawat dalam keadaan pori-pori terbuka pun akan meminimalisir adanya bekas.

Bersihkan isi jerawat secepat mungkin menggunakan cotton bud dengan cara menekan-nekannya secara lembut. Pastikan tangan bersih, Sobat. Dan jangan sekalipun memencet jerawat menggunakan jarum, sebab bisa menimbulkan infeksi.

Kompres dengan Es Batu

Setelah isi jerawat habis, kompres luka dengan es batu yang ditaruh di dalam handuk. Hindari menempelkan es batu langsung pada kulit wajah karena akan menimbulkan trauma.  Kompres es batu ini berguna untuk mengempeskan sisa jerawat sekaligus mencegah infeksi. Kompres selama 1-3 menit.

Beautynesia

Aplikasikan Toner dan Serum

Setelah dikompres, langsung aplikasikan toner ya, Sobat! Disarankan menggunakan toner berbahan beta glucan, hyaluronic acid, centella asiatica dan lidah buaya. Ini berfungsi untuk membersihkan sekaligus merawat kulit.

Lalu, oleskan serum yang direkomendasikan berbahan hyaluronic acid, centela asiatica, butylene glycol dan betaine. Bahan-bahan tersebut juga berfungsi menyejukkan kulit agar kulit tidak trauma.

Pakai Clay Mask

Masker wajah satu ini memang banyak digunakan untuk mengangkat minyak dan bakteri pada wajah. Setelah pemakaian clay mask, sangat dianjurkan mengoleskan krim yang mengandung vitamin E pada seluruh permukaan wajah.(nov/autami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here