5 Cara Simpel Memperingati Hari Bumi 22 April

0
51

Gerakan lingkungan modern yang diperingati setiap tanggal 22 April sebagai Hari Bumi Sedunia, mengingatkan kembali betapa planet kita butuh untuk diperhatikan. Mulailah meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap organisme, lingkungan hidup, hubungan antara polusi dan kesehatan masyarakat. Hal ini bisa dilakukan di rumah atau dalam kegiatan sehari-hari kita, yang jika dibiasakan maka setidaknya kita telah menghargai apa yang sudah alam berikan. Untuk ikut memperingatinya, ikuti cara simple berikut, yuk!

  1. Mengistirahatkan kendaraan

Sadar gak sih, kalau sekarang jalan-jalan yang biasanya lancar jadi sering macet saking banyaknya orang yang berkendara dengan transportasi pribadi. Hal ini tentu saja jadi makin mencemari udara dan merugikan beberapa pihak karena banyak waktu yang terbuang di jalan.

Jadi gak ada salahnya, kalau kita mengistirahatkan dulu kendaraan pribadi dan menggantinya dengan berjalan kaki, bersepeda atau naik transportasi umum.

  1. Bercocok tanam

Saat ini adalah jaman di mana dunia telah didominasi oleh makanan cepat saji. Dengan menanam tumbuhan yang bisa dijadikan bahan dapur, maka kamu telah bertindak sebagai revolusioner. Mulailah dengan menanam satu tumbuhan yang bisa dikonsumsi, entah itu kemangi, cabai, rempah, apapun! Karena melihat mereka tumbuh dan berbuah merupakan kesenangan tersendiri dan bisa jadi hobi yang menguntungkan. Selain mengurangi biaya groceries, rumah yang ditanami tumbuhan akan meningkatkan kesehatan mental bagi si pemiliknya.

  1. Mengurangi penggunaan kertas dan plastik

Sudah banyak yang tahu bahwa plastik adalah benda yang sulit untuk didaur ulang dan limbahnya bisa merusak lingkungan. Sebisa mungkin, bawalah tas kain ketika berbelanja atau membawa botol minuman sendiri ketika berpergian dan membeli produk dalam bentuk stoples kaca atau kemasan karton.

Penggunaan kertas juga bisa diminimalisir dengan cara menggunakan transaksi online atau memilih untuk tidak mengeluarkan resi dari ATM ketika tarik tunai.

  1. The big turn off!

Hal sepele namun masih banyak yang malas melakukannya adalah menghemat energi. Padahal tidak semua sumber energi bisa diperbarui dan dimanfaatkan lagi di kemudian hari. Selain kesadaran tersebut, mematikan listrik yang tidak digunakan juga bisa menghemat biaya. Jika tidak dari sekarang, kapan lagi?

  1. Jadi vegetarian selama sehari

Permintaan daging yang berlebihan menciptakan tekanan pada sumber daya lingkungan. Semakin banyak yang kita konsumsi, semakin menderita pula planet kita. Jadi ganti dulu yuk, konsumsi daging dengan menu vegetarian. Kamu bisa cari resep yang mudah dan lezat di internet lalu share ke media sosial untuk berbagi dan menginspirasi yang lain.

Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat bumi. Mulailah dari hal kecil, karena dengan begitu, kamu juga telah menghargai diri sendiri dan anak cucu. Save our eartH, and put the ‘H’ in front, so save our Heart too. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here