Agar Si Tomboy Nyaman Berkebaya

0
818
Foto: IG Medina Kamil. Instagram.com/@medinakamil

Bagi sebagian perempuan, mungkin termasuk Anda, tomboy bukanlah sekadar penampilan melainkan gaya hidup. Nyaman bersepatu kets, adem memakai kaos longgar, segala kebebasan itu adalah kebahagiaan tersendiri.

Nah, lantas jika bagaimana jika tiba-tiba saja si tomboy ini harus berkebaya saat momen Hari Kartini? Membayangkan betapa capeknya berjalan dengan sepatu tinggi, tak betah dengan dandanan menempel di wajah saja sudah membuat merinding duluan.

Namun, bagaimana pun, perempuan memang harus sesekali berdandan sekaligus tampil feminin karena ada beberapa keadaan dan momen yang memang wajib dipatuhi. Mengerti kegelisahan itu, berikut artikel dari kami, agar Anda, si tomboy yang memiliki jiwa bebas itu, bisa tetap nyaman kala berdandan khususnya jika harus berkebaya pada Hari Kartini.

Kebaya

Apa yang membuat Anda tidak nyaman? Bahan kain yang tidak bersahabat? Model yang terlalu terbuka, atau aksen yang terlalu ribet? Brokat dan payet akan membuat tidak nyaman. Untuk itu pililah kebaya yang memiliki lapisan dalam. Selain itu, meski tidak suka menunjukkan bentuk tubuh dengan kebaya ketat, pastikan kebaya juga tidak terlalu longgar karena akan membuat kesan tidak rapi. Sementara untuk menyiasati model yang terlalu terbuka, kebaya kerah tinggi seperti kebaya encim atau memilih warna lapisan dalam yang sesuai dengan kulit bisa membuatnya tampak lebih tertutup.

Gambar 1: Spiceee

Bawahan

Agar tetap nyaman, sebaiknya si tomboy mengenakan rok kain untuk berkebaya alih-alih ikat sana-sini mengenakan kain lilit. Lalu, kata siapa bawahan kebaya harus ketat? Coba rok longgar untuk berkebaya ala hijabers seperti Dian Pelangi ini, deh!

Gambar 2: Dian Pelangi

Alas Kaki

Jika sandal selop bisa membuat jari-jarimu seperti terkurung, maka cobalah mengaplikasikan kebaya dengan flat shoes yang menyenangkan itu. Untuk tetap berpenampilan formal, ada kok, flastshoes yang ujungnya runcing seperti selop. Sedangkan dalam pemilihan warna, warna pastel tidak akan cocok untuk tampilan glamor. Pilihlah warna bold seperti merah, hitam, emas atau silver.

 

 

Makeup dan Hairdo

Ketika menghadiri acara yang memiliki durasi cukup lama, biasanya si tomboy tidak akan  nyaman lama-lama mengenakan makeup. Untuk menyiasatinya, pilihlah makeup yang berbahan dasar ringan seperti mineral sehingga tidak terasa ‘berat’ di wajah. Sementara untuk rambut, pasti rambut tempelan untuk sanggul akan sangat mengganggu sedangkan rambut asli yang tidak terlalu panjang berpeluang membuat kepala seperti dicengkeram  ketika digelung sedemikian rupa. Kenapa tidak membiarkannya terurai saja? Dengan panjang rambut sebahu hingga sebatas telinga, asalkan memakai aksesori yang tepat pun cukup menawan kok!

Gambar 4: fashionsmodern

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here