Asiknya Melukis tanpa Takut Salah

0
421

Ge Siahaya

Menggambar dengan cat air itu… berantakan yang asik.

Kalau salah ya dihapus. Memang gak bisa hilang sama sekali, meski ditimpa cat yang lebih tebal. Setebal-tebalnya cat air, tetap transparan juga. Tapi saya senang karena saya nggak gampang menyerah dengan media yang satu ini. Malah semakin suka setelah tau bagaimana meng-handle-nya.

Ini peralatan perang yang sesungguhnya, campuran dari semuanya ini. Sebab saya belum tau mau ngapain dan akan bagaimana nanti jadinya. Ketika akhirnya jadi, baru bisa memastikan apa yang benar-benar diperlukan dan mana yang bisa di-eliminasi karena gak perlu-perlu sekali.

Learning by doing, kata orang-orang adalah cara terbaik untuk mengasah ketrampilan. Dan yes, melukis bukan soal bakat, tapi lebih ke soal berlatih. Kalo kamu seperti saya, yang gemar warna-warna, itu jadi motivasi tambahan, apalagi suka cat air yang mahal-mahal, itu bagus banget buat ngotot terus menekuni hobby ini.

Dan…, ini dia proyek buah-buahan workshop artclub Kharisma (kegiatan lokal di gereja) nantinya, kira-kira akan jadi seperti ini. Memproduksi poster buah-buahan dengan cat air.

Messy fruits, haha…. Gara-gara menambahkan madu supaya warnanya lebih glossy (saya menggambarnya pakai cat air yang murah, Simbalion, hasilnya terlalu chalky untuk selera saya.

Basah-basah manja mengundang selera, dan kalau kebanyakan maka akan terlalu lengket. Jadi kalau mau mencoba cara ini, jangan terlalu nafsu memberi madunya ya. Satu lagi, sulit keringnya, alhasil ya begini. Untungnya, bisa ditambahkan air lagi, lalu tunggu mengering, diberikan layer lagi. Amazing apa yg bisa dipelajari dari melakukan kegiatan ini.

Nyaris putus asa saat melukis semangka, karena warna merah dan pink ungunya ‘blebeb’ banget. Jadi, saya tinggal tidur saja dulu, eh…, setelah bangun tidur lalu utak-atik, kok dia malah yang paling yummy keliatannya.

Manggis ya kawans, ini manggis. Dan apa yang pernah dilukis di bawahnya, masih menyeruak ke atas. Saya nggak membiarkan itu mengganggu saya, hahaha…, layaknya hidup ini, kejadian yang pernah terjadi, ada yang meninggalkan bekas yang gak bisa hilang. So let it be… *yuk nyanyik, let it be let it be…

Naaah, yang di bawah ini hasil akhir untuk dipajang di instagram.

Jangan lupa follow akun instagram @mylazysketch ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here