Bagaimana Cara Menggunakan Spons Makeup Dengan Benar?

0
239
Make Up Sponge. pixabay

Dalam beberapa waktu terakhir, spons makeup menjadi salah satu alat kecantikan populer di kalangan beauty vlogger. Kegunaannya untuk mengaplikasikan foundation, concealer dan bedak, yang bisa memberikan sentuhan akhir sekelas professional. Berbahan spons bebas lateks, alat ini juga mampu memberikan tampilan flawless lebih baik dari kuas aplikator.

Spons makeup memang tampak mudah digunakan, tetapi tanpa keterampilan yang tepat, hasil makeup kamu malah bisa tidak rata. Nah, untuk menghindari hal ini, kamu bisa perhatikan tips berikut:

1. Ukuran dan bentuk

Teardrop make up. Photo: sparklycare.com

Sebelum mulai menerapkan, pelajari dulu spons kamu. Saat ini ada banyak jenis spons makeup, ada yang memiliki banyak sudut, berukuran tebal karena bentuknya mengembung,  tipis, pipih atau yang paling populer adalah spons berbentuk teardrop seperti Beauty Blender. Sisi runcingnya berguna untuk mencapai celah-celah wajah seperti bagian bawah mata dan di sekitar hidung.  Sementara sisi lengkungnya untuk bidang datar seperti dahi dan pipi.

2. Bahan dasar

Silicon sponge make up. Photo: sculptcosmetics.com/

Cukup banyak spons makeup yang berbahan dasar uretan atau lateks. Namun, karena lateks merupakan bahan yang bisa menimbulkan alergi, produk dengan bahan dasar ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Jadi sebaiknya pilihlah spons yang bebas lateks.

Ada juga spons silikon yang sedang marak digunakan oleh makeup artist. Konon, spons ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki spons pada umumnya. Salah satu keunggulannya adalah lebih bersih karena tidak berpori.

Yang lebih penting lagi, perhatikan tekstur kelembutan dari spons, karena benda ini akan bersentuhan langsung dengan wajah kamu. Pastikan gesekan yang dihasilkan tidak kasar dan tetap nyaman di kulit untuk menghindari polesan makeup yang tidak merata.

3. Basahi Spons

Source: khoobsurati.com

Sebelum digunakan, pegang spons makeup kamu di bawah air mengalir sampai basah, lalu peras hingga semua air di dalamnya keluar dan tetap lembab. Setelah itu, gunakan spons makeup dengan produk cair karena campurannya akan lebih baik dan menyerap lebih sedikit produk, juga bisa memberikan sensasi lembut pada wajah. Namun, di antara spons makeup yang beredar di pasaran, ada di antaranya yang tidak didesain untuk dibasahi dengan air. Jadi, pastikan terlebih dulu apakah spons yang akan kamu beli sudah sesuai dengan yang dibutuhkan?

4. Dip it!

Source: athriftymom.com/

Oleskan produk cair seperti foundation di bagian belakang pergelangan tangan, lalu celupkan spons dengan ringan dan mulailah ditepuk-tepuk ke kulit wajahmu. Jangan menggosok dan menyebarkannya karena dapat menyebabkan pilling dan streakiness.

Ada baiknya sebelum memilih spons makeup, kamu konsultasi terlebih dahulu dengan si penjual atau baca ulasannya di internet. Karena setiap spons memiliki fungsi yang berbeda, pun cara menggunakan dan hasil yang diperoleh juga akan berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here