Basmi Komedo Hitam dan Komedo Putih Hingga ke Akar dengan 3 Bahan Dapur Ini

0
167
Gambar: Vemale

“Dungdak, hidung landak!”

Tahukah, Sobat? Komedo adalah salah satu jenis jerawat, namun, tergolong ringan karena tidak menimbulkan peradangan.

Sobat Perempuan pernah mengalaminya? Ketika komedo hitam muncul dan hidung menjadi tampak kasar dan mengganggu penampilan. Dibanding komedo hitam yang kentara jelas, komedo putih lebih tersembunyi dan hanya muncul jika kita menekan pori-pori wajah.

Meski makeup mampu menutupinya dalam hitungan detik, namun, tidak bisa sepenuhnya mengenyahkan komedo dari kulit wajah. Kita harus mengatasinya dari dalam, dari kulit yang sehat dulu. Seperti kita tahu, komedo berasal dari penyumbatan pori oleh sel kulit mati, kotoran dan minyak. Maka dari itu, makeup pun sebenarnya hanya akan memperparah komedo jika tidak dibersihkan dengan benar.

Alih-alih pergi ke salon untuk facial yang belum tentu cocok untukmu atau memakai pore pack yang hanya bersihnya bersifat sementara, Sobat Perempuan bisa coba bahan dapur ini untuk membasmi komedo hingga ke akar-akarnya.

Garam

Womantalk

Bahan dapur satu ini mengandung kalsium, sulfat, potasium dan magnesium yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan mineral yang banyak terdapat dalam garam pun dapat membantu membuka pori-pori sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan cara menstimulasi peredaran darah.

Larutkan garam bersama air hangat, paparkan uap hangat dari air garam tersebut ke wajah untuk membantu membersihkan komedo.

Baking Soda

Kawaii Beauty Japan

Manfaat baking soda untuk kulit, antara lain untuk menjaga keseimbangan PH kulit, mengurangi minyak berlebih pada wajah dan mengelupas sel kulit mati.

Campur baking soda dan air hingga membentuk pasta yang kental, oleskan pada bagian wajah yang memerlukan. Diamkan hingga mengering, bilas sampai bersih.

Kopi dan Gula

Tabloid Bintang

Scrub kopi dan gula dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati. Seperti yang kita tahu, kafein dalam kopi mempunyai beragam nutrisi untuk kulit dan gula membantu proses pengangkatan kotoran.

Campur 2 sdm kopi dengan air hangat, tambahkan 1 sdm gula. Buat pasta yang kental. Oleskan pada wajah, gosok secara perlahan untuk membersihkan komedo. Untuk scrub satu ini, disarankan agar Sobat tidak terlalu sering mengaplikasikannya apalagi menggosok terlalu kencang karena dapat membuat kulit menjadi kering.

Nah, itu dia 3 bahan dapur yang bisa Sobat manfaatkan untuk membasmi komedo hingga ke akar. Bye bye, dungdak!(des/autami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here