Cara Tetap Sehat dan Tidur Berkualitas sebagai Night Owl

0
79
pixabay

Banyak orang yang mencintai suasana malam hari untuk bekerja, terutama ketika membutuhkan inspirasi dan fokus tinggi di kala orang lain tertidur lelap. Memancing inspirasi memang membutuhkan suasana sepi, dramatis, tenang, yang hanya bisa didapatkan pada dunia malam, apalagi diiringi  mellow-instrument atau suara hujan. Katanya, seolah dunia berada dalam genggaman kita. Kebiasaan ini berbeda dengan insomnia, karena night owl adalah orang yang memilih untuk terjaga pada malam hari, sedangkan insomnia merupakan istilah bagi mereka yang kesulitan untuk tidur.

Night owl bisa turun dari gen yang sebenarnya tidak masalah jika kita tetap menerapkan pola hidup sehat dengan tidur cukup dan makan bergizi. Dengan catatan, kamu tidak terkekang waktu yang mengharuskan bangun di pagi hari untuk sekolah atau bekerja. Karena imbasnya, di sana kamu malah tidak fokus dan mengantuk, juga bikin muka terlihat kuyu.

Menurut beberapa ilmuwan, keuntungan sebagai night owl meliputi daya kreatif yang lebih tinggi, lebih pintar juga dapat memecahkan masalah dengan lebih baik. Bukan berarti bahwa seluruh night owl lebih pintar dibandingkan early bird. Kepintaran mereka mempunyai cara yang berbeda, tentu saja. Karena biasanya night owl adalah orang-orang yang berprofesi sebagai artist (seniman), penulis, pelukis, musisi, entrepreneur, silence seeker atau overthinker yang merupakan ‘right-brained type’. Sementara resikonya, mereka lebih rentan terhadap depresi, obesitas dan penyakit jantung. So, untuk menghilangkan resiko ini, ikuti tips berikut supaya kamu menjadi night owl yang sehat:

  1. Mempunyai jadwal tidur yang konsisten

Bangun tidur dalam waktu yang  berbeda setiap harinya,  dapat lebih mengganggu dan membingungkan ritme sirkadian kamu. Hal tersebut bisa menciptakan ketidakseimbangan hormon yang memicu penyakit kronis. Jadi, mau  tidur jam berapa pun,  kamu tetap harus mengikuti jadwal tersebut  dengan konsisten dalam durasi  7-9 jam per hari. Lalu, jika hari sudah  terang, sebaiknya tutup tirai kamar atau gunakan masker tidur untuk memastikan kamu berada dalam kegelapan total. Karena kegelapan total mampu mendorong produksi melatonin, yaitu hormon tidur esensial.

  1. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Sekalinya bangun pagi atau sore hari, pastikan kamu mendapatkan banyak sinar matahari alami. Duduk di dekat jendela menghadap ke arah matahari atau lebih baik lagi berjalan-jalan di luar selama setengah sampai satu jam untuk menyerap sebanyak mungkin vitamin D3. Hal ini dapat membantu mencegah depresi dan ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan makan berlebih.

3. Mengonsumsi makanan sehat
Semua orang dianjurkan untuk selalu makan makanan padat nutrisi demi kesehatan optimal. Namun, night owl perlu lebih fokus dalam hal ini. Ketidakseimbangan hormon dan defisiensi nutrisi dapat dijaga dengan menjauhi junk food dan mulai banyak mengonsumsi sayuran organik, buah, kacang-kacangan, daging, unggas, ikan dan lemak sehat seperti minyak kelapa juga alpukat. Makanan ini membuat sistem kekebalan tubuhmu semakin kuat yang dibutuhkan untuk mencegah perkembangan penyakit kronis.

4. Olahraga teratur
Tetap sehat, berusaha mencegah obesitas dan penyakit jantung dengan banyak berolahraga. Berjalan kaki, berenang atau mendaki sangat bagus bagi kardiovaskular kamu sambil menyerap vitamin D.

5. Hindari penyalahgunaan zat
Terakhir yang patut diingat adalah hindari konsumsi alkohol atau caffein secara berlebihan. Meski ada yang bilang minuman tersebut untuk meng-improve sisi kreatif,  namun hal ini akan membahayakan tubuh. Sebaiknya lebih banyak meminum air putih, suplemen vitamin D dan minuman sehat lainnya.

Listen to the night as the night knows your truths, your stories, your aches, your dreams, your cravings, your forgotten memories, not so forgotten. – Victoria Ericson

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here