Di-Makeup-in itu Mahal! Ini Tips Agar Hasilnya Sesuai Harapan

0
44
Credit Image: Pinterest

Para perempuan biasanya berdandan lebih ketika momen-momen penting dalam hidup mereka. Selain nikahan, merias wajah saat lamaran, wisuda dan acara penting lainnya pun mesti dengan bantuan MUA a.k.a Makeup Artist. Namun, tak jarang malah kecewa, hasil makeup tak seperti diharapkan. Terlalu menor, terlalu pucat, tidak pantas, de-el-el. Berujung komplain karena sudah bayar mahal. Padahal bisa saja lho, Ladies, kesalahan terletak pada kita yang tidak memerhatikan kondisi kulit sebelum dirias.

Kulit berminyak,berjerawat atau kering, bisa jadi salah satu penyebab utama riasanmu gagal.
Para MUA profesional pun tidak asal memoles wajah. Mereka melakukan beragam persiapan, mulai dari bertemu calon klien, mempelajari wajah kliennya, menganalisa makeup yang cocok dengan kontur hingga kondisi kulit wajah, menyatukan persepsi sesuai kemauan klien, hingga tes makeup. Jadi sebenarnya, tidak ada salahnya kita sebagai klien membantu MUA mendapatkan riasan terbaik dengan melakukan perawatan sebagai berikut.

Makanan yang Dikonsumsi

Highligthing, contouring dan shading memang sangat membantu wajah agar tampak lebih tirus. Namun, bisa saja semua pondasi itu gagal atau kurang berefek jika klien masih belum menjaga makanan yang dikonsumsi sebelum hari H. Menurut MUA profesioanl era 90-an Irwan Riady, jika ingin mendapatkan wajah tampak tirus, klien harus mengurangi makanan asin. Sementara itu, khusus kulit berminyak, harus mengurangi makanan berlemak, berminyak, manis dan juga asin.

Hindari Stres

Masih menurut Irwan, tampilan wajah yang manglingi pada hari H, didukung oleh kondisi psikis klien. Aura atau inner beauty akan terpancar jika klien tidak stres dan merasa santai. Biasanya sebelum dirias, klien akan diminta berdoa. Itu bagus, untuk menggugah hati sehingga mendapatkan suasana hati yang nyaman.

Cukup Minum Air Putih

Air adalah sumber kehidupan. Pun sumber kelembapan untuk kulit kita. Jauh sebelum hari H, klien sebaiknya cukup minum air putih agar kulit sehat, segar dan tidak kering.

Cukup Istirahat

Menurut MUA kondang, Upan Duvan, yang baru-baru ini merias mantan artis cilik Tasya Kamila pada hari pernikahannya, klien harus cukup istirahat sebelum dirias. Menurutnya, kulit yang mengalami stres dengan kulit yang cukup istirahat akan terlihat sekali perbedaannya, begitupun hasil akhirnya setelah dirias. Terlebih pada makeup flawless, penyerapan kulit yang sempurna sangat membantu hasilnya.

Jangan Pakai Krim Dokter!

Dilarang keras menggunakan krim dokter sebelum hari H. MUA Bubah Alfian setuju akan hal ini, karena biasanya setelah menggunakan krim dokter, kulit wajah akan mengalami pengelupasan dan itu akan berakibat fatal pada makeup.

Mandi Sauna untuk Calon Pengantin

Keringat adalah salah satu faktor terbesar makeup gagal. Untuk itu, khusus calon pengantin, agar makeup tidak luntur akibat keringat, disarankan untuk mandi sauna sebelum hari H untuk mengurangi keringat berlebih. Mandi sauna ini dapat dilakukan pada salon-salon spa.

Scrubbing, Masker dan Serum

Dua minggu sebelum hari H, klien diharapkan melakukan scrubbing pada wajah. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar tidak menyumbat pori yang menyebabkan hasil makeup kurang maksimal, sebab pori tersumbat dapat menyebabkan jerawat hingga komedo. Selain itu, penggunaan masker dan serum pun disarankan. Masker wajah sejam sebelum dirias, setelah itu aplikasikan serum. Ini berfungsi untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, kenyal dan lembap.

Kompres Es Batu

Mengompres wajah sebaiknya bukan hanya sesaat sebelum dirias, namun juga sehari sebelum hari H. Kompres es batu ke seluruh bagian wajah, terutama mata dan area yang berjerawat. Kantong mata hilang, jerawat pun kempes! Ini juga berfungsi membuat makeup tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here