8 Fakta Menarik Raja Malaysia yang Menikahi Ratu Kecantikan Russia 24 Tahun Lebih Muda

0
112
World of Buzz

Telah viral berita pernikahan antara Raja Malaysia, Sultan Muhammad V, dengan perempuan cantik asal Russia yang juga merupakan ratu kecantikan asal negara tersebut. 

Sultan Muhammad V diangkat Raja Malaysia pada tahun 2016. Dia lahir pada 6 Oktober 1969 di Kota Bharu sebagai Pangeran Kelantan dengan nama lengkap Tengku Muhammad Faris Petra ibni Sultan Ismail Petra dan diangkat Sultan Kelantan pada 2010. Dia adalah putra pertama dari empat bersaudara, ayahnya adalah Sultan Ismail Petra dan ibunya Tengku Anis Tengku Abdul Hamid. Berikut fakta-fakta menarik lainnya:

1. Raja Malaysia Termuda

Sultan Muhammad V menjadi Raja Malaysia termuda yang dilantik. Usianya ketika dilantik pada 2016 adalah 47 tahun, setengah dari pendahulunya yaitu Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah dari Kedah yang berusia 89 tahun.

2. Belajar di Luar Negeri

Raja mempunyai minat yang mendalam terhadap bidang ilmu dan pendidikan dan telah mendorongnya untuk berangkat ke Inggris, tepatnya di Oakham School Ruthland sampai tahun 1989. Selanjutnya, beliau melanjutkan sekolah dalam bidang Pengajian Diplomatik di St. Cross College, Oxford dan dalam bidang Pengajian Islam di Oxford Centre sampai tahun 1991.

3. Banyak Dikagumi

Dalam bidang militer, sifat kepimpinan beliau senantiasa dikagumi. Seri Paduka Baginda telah dilantik menjadi Kolonel Yang Di-Pertua Rejimen Artileri DiRaja sampai sekarang. Dengan dilantiknya sebagai Yang di-Pertuan Agong oleh Raja, beliau juga merupakan Pemerintah Tertinggi Angkatan Tentara Malaysia.

4. Tidak Didampingi Ratu Ketika Dilantik

Sultan Muhammad V juga merupakan Raja pertama dalam sejarah Malaysia yang dilantik tanpa didampingi Ratu atau Raja Permaisuri Agong. Dia bercerai dengan istrinya Tengku Zubaidah Tengku Norudin, bangsawan Pattani, Thailand. Jika pernikahannya dengan Voevodina telah dikonfirmasi, maka Malaysia akan memiliki seorang Ratu dari Rusia.

5. Dekat dengan Rakyat

Sebelum menjabat Raja, Sultan Muhammad V dikenal dekat dengan rakyatnya. Dia kerap turun ke jalan untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Salah satu kegiatan blusukannya – atau ‘turun padang’ dalam istilah Malaysia – adalah ketika bencana banjir 2014 di Kelantan. Dalam kesempatan itu, dia membagikan rumah bagi korban banjir.

6. Bijaksana

Sultan Muhammad V terkenal karena memiliki karakter seorang Raja yang sangat bijaksana, lemah lembut dan sopan santun. Ia juga merupakan pemerintah yang dididik sejak kecil dengan nilai-nilai dan perilaku moral berdasarkan ajaran agama dan ilmu keduniaan yang luas.

7. Penyuka Olahraga Ekstrem

Beliau dikenal penyuka olahraga ekstrem, seperti balapan off road dengan mobil 4WD, memanah, menunggang kuda, golf dan bowling.

8. Muslim yang Taat

Sebagai pemimpin umat Islam Malaysia, Sultan Muhammad V dikenal sebagai Muslim yang taat. Dia kerap terlihat di masjid-masjid Kelantan untuk salat berjamaah. Jika keluar negeri, dia dilaporkan selalu ditemani guru agamanya. Beliau juga menggelar program “Qiyam With Me”, mengajak rakyat untuk iktikaf bersama dirinya di masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here