Gak Nyangka, Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia Kalahkan Negara Maju

0
881
Ilustrasi: Kegiatan kesukarelawanan S. Maeda Yoppy Nababan saat menjadi pendamping bagi perempuan dalam usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan kain tenun menjadi 'end product' seperti tas, sepatu, dan aksesoris lainnya.

Sebuah lembaga sosial dari Inggris, Charities Aid Foundation (CAF) mengukur tingkat kedermawanan sebuah negeri dari tingkat partisipasi donasi uang, maupun kesukarelawanan dalam membantu orang lain.

CAF melakukan pengukuran ini setiap tahunnya sejak 2010. Dan siapa yang sangka pada tahun 2018 lalu, Indonesia menduduki peringkat pertama negeri yang paling tinggi tingkat kedermawanannya. Ini terlihat dari World Giving Index yang dirilis oleh CAF.

Dalam pengukuran CAF, tingkat partisipasi mendonasikan uang masyarakat Indonesia mencapai 78%. Mengalahkan semua negara-negara maju di dunia seperti Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Irlandia, Inggris dan Singapura.

Source: CAF

Sementara persentase tinggi juga terlihat dari tingkat partisipasi kesukarelawanan. Sebesar 53% orang Indonesia gemar bergabung dalam kegiatan sukarela, atau menjadi relawan. Hal ini merupakan partisipasi paling besar dibandingkan dengan masyarakat dari negara-negara maju lainnya.

Namun dalam pengukuran partisipasi membantu orang yang tidak dikenal/orang asing, hanya 46% orang Indonesia yang suka membantu orang asing. Meski begitu, score Indonesia tetap lebih unggul dibanding negara-negara maju lainnya, yaitu 59% dalam World Giving Index oleh CAF.

Berikut ini 10 besar negara-negara paling dermawan di dunia tahun 2018.

1. Indonesia, 59 persen

2. Australia, 59 persen

3. Selandia baru, 58 persen

4. Amerika Serikat, 58 persen

5. Irlandia, 56 persen

6. Inggris, 55 persen

7. Singapura, 54 persen

8. Kenya, 54 persen

9. Myanmar, 54 persen

10. Bahrain, 53 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here