Lebaran Tahun Ini Masih Single? Memang Apa Masalahnya?

0
66
pixabay

Lebaran selalu menjadi moment untuk berkumpul dengan keluarga. Tapi, kadang selalu ada anggota keluarga yang bertanya, “Kapan nikah?” atau “Kamu masih single aja?” dan pertanyaan lain yang sebenarnya terlalu pribadi untuk dijawab. Memang apa salahnya jika masih single? Jika kamu termasuk perempuan lajang yang sering mendapat pertanyaan-pertanyaan usil di hari lebaran, berikut ini alternatif jawaban yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Saya Masih Lajang Karena Masih Memantaskan Diri
Sebagian perempuan orang belum menikah karena masih ingin memantaskan diri. Menikah bukanlah hal kecil. Hidup kita akan sangat berubah, apalagi jika kita masih memiliki banyak kekurangan yang akan menjadi masalah saat sudah menikah nanti. Saat ada yang bertanya kapan menikah, tak ada salahnya kita jawab dengan lembut, “Saya masih ingin memantaskan diri.” Tak ada yang salah dengan melajang, selama kita berusaha untuk memantaskan diri di masa lajang. Dengan begitu, nantinya kita akan lebih siap untuk menghadapi pernikahan saat jodoh sudah datang di waktu yang tepat.

Saya Sedang Fokus Berkarir
Banyak perempuan yang masih melajang karena sedang fokus dengan karir mereka. Tentu saja hal ini tidak salah, karena karir adalah hal penting yang harus diperjuangkan dalam hidup. Meski banyak orang bilang bahwa perempuan akan berakhir di dapur dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, namun memiliki karir bagus adalah jaminan untuk masa depan. Perempuan yang karirnya bagus akan membuat ekonomi keluarga lebih baik. Kita pun tidak akan terlalu bergantung pada suami, sehingga bisa mendapat apa saja yang kita ingin tanpa merengek pada suami. Sekalipun nantinya suami kita menginginkan kita untuk keluar kerja, setidaknya kita punya pengalaman yang berharga. Jadi, jangan ragu untuk menjawab pertanyaan usil dengan jawaban, “Saya masih fokus berkarir untuk masa depan saya.”

Saya Belum Bertemu Jodoh yang Tepat
Banyak perempuan melajang karena belum menemukan lelaki yang pas untuk dijadikan suami. Bukannya terlalu banyak memilih, tapi sudah seharusnya kita memilih laki-laki terbaik untuk menjadi suami kita. Banyak kasus dimana perempuan tergesa-gesa dalam memilih suami dan berakhir penyesalan. Saat hal tersebut terjadi, tentunya hidup kita tak akan sama lagi. Berbeda jika kita lebih teliti dalam memilih jodoh kita. Sudah seharusnya kita menjawab dengan jujur bahwa kita belum bertemu jodoh yang tepat, sehingga lebaran tahun ini masih betah melajang. Seperti yang telah disebutkan, apa salahnya melajang? Tak semua yang sudah memiliki pendamping telah menemukan kebahagiaan yang sempurna.

Saya Masih Mencari Jodoh, atau Anda Mau Bantu Carikan?
Terkadang, kita mungkin kesal karena banyak orang yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan usil. Bagaimana jika kita menjawab begini, “Saya belum menikah karena masih mencari jodoh. Apa anda bisa mencarikan jodoh untuk saya?” Jangan ragu untuk melontarkan jawaban ini, karena kita pun harus berusaha untuk mencari jodoh kita dengan berbagai cara, termasuk meminta bantuan pada orang-orang yang sering melontarkan pertanyaan usil pada kita. Jangan terus beranggapan bahwa jodoh tak akan kemana. Memang benar, jodoh tak akan kemana. Tapi jika kita tidak kemana-mana, atau tidak berbuat apa-apa, jodoh mau ketemu di mana?

Itulah beberapa jawaban yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan usil di hari lebaran. Tak usah ragu dan malu untuk berkata yang sejujurnya, karena terkadang melajang adalah pilihan terbaik untuk saat ini. Yang terpenting, kita tak pernah berhenti berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan mencari jodoh yang paling tepat untuk kita kenalkan di lebaran mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here