Lomba Vlog Madrasah 2019

0
60

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, bersama Kementerian Agama Direktorat Kurikulum Sarana Kesiswaan dan Kelembagaan akan mengadakan Lomba Vlog: “MADRASAH VLOG COMPETITION 2019”. Kegiatan ini diinisiasi oleh Yayasan Kepak Sayapku yang mengambil tema: “Membumikan Pancasila, Ini Tanah Airmu, Tanah Nusantara Merdeka”. Kegiatan ini juga sekaligus untuk Merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-91.

Peluncuran Lomba Vlog Madrasah 2019. Foto: dok. AJ Boesra

Sasaran peserta untuk kegiatan ini adalah siswa/i Madrasah Aliyah kelas X-XI di seluruh Indonesia. Vlog bisa merupakan aktualisasi diri atau dialog, dengan durasi maksimal 3 menit.

Sebanyak 30 vlog nominasi akan mendapatkan apresisiasi workshop film gratis bersama Etno Psycho, dan film hasil workshop akan diputar di acara misi budaya di Eropa pada bulan Juli 2020.

Dalam peluncuran kegiatan ini, AJ Boesra Ketua Yayasan Kepak Sayapku mengatakan, “Tanggal 28 Oktober Hari Sumpah Pemuda, merupakan momentum peringatan berharga untuk melakukan refleksi tentang pentingnya toleransi -menerima perbedaan kultural bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.”

Sejalan dengan fokus gerakan Revolusi Mental, dimana peningkatan upaya promotif dan preventif atas intoleransi diprioritaskan untuk mempertahankan nilai-nilai Pancasila dan agar orang yang cinta tanah air tetap menjaga toleransi dan persatuan bangsa. Kita masih harus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk mencapai sasaran persatuan bangsa dengan mengutamakan sikap toleransi dan cinta tanah air yang harus dimasyarakatkan agar budaya bangsa Indonesia benar-benar kembali menjadi roh dan semangat bangsa. Sikap toleransi, menerima perbedaan, cinta tanah air dan menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa hendaknya ditanamkan sejak usia dini dan menjadi budaya sehari-hari sepanjang hidup.

Salah satu cara untuk mengekspresikan kecintaan kita pada Pancasila dan Tanah Air dengan menyosialisasikan isu-isu toleransi, persatuan bangsa dan cinta tanah air dengan berkarya, antara lain medium vlog. Vlog saat ini menjadi kegiatan sehari-hari generasi milenial, dengan menyampaikan pesan-pesan yang baik dan tepat diharapkan akan lebih mudah sampai dan tercerna dan menjadi jembatan permersatu bangsa.

Peserta dapat memilih salah satu, atau dua, atau bahkan ketiga tema di bawah ini:
1. Toleransi
2. Cinta Tanah Air
3. Menggalang Persatuan Bangsa

Tim juri akan memilih 30 finalis yang akan mendapatkan penghargaan mengikuti workshop film gratis di Jakarta selama 5 hari (27 November – 1 Desember 2019) untuk mengetahui cara membuat film secara benar, dibimbing oleh tim sineas Etno Psycho pimpinan Rudy Octave.

Setelah itu tim juri akan menentukan pemenang vlog pada tanggal 1 Desember 2019.

Hadiah yang akan diperebutkan sebagai berikut:
• Juara 1 uang tunai Rp 7.000.000,-
• Juara 2 uang tunai Rp 5.000.000,-
• Juara 3 uang tunai Rp 3.000.000,-

Dan 3 orang terpilih akan mewakili mempresentasikan film pendek buatannya pada misi budaya di Eropa tahun 2020.

Batas akhir pendaftaran dan pengiriman karya vlog adalah tanggal 15 November 2019 pukul 23.59 wib.

Info dan penjelasan lebih lanjut tentang ‘Madrasah Vlog Competition 2019 bisa didapatkan di:
Website : https://madrasah.kemenag.go.id/vlog2019/
YouTube : https://youtu.be/2Zt4fQISZWU
YouTube : https://wwwyoutube.com/watch?v=1Ak9k3XfpgU
Instagram : @pendidikanmadrasah
Twitter : @kskkmadrasah
Facebook :ditkskkmadrasah
Whatsapp : 081315978759 AJ. Boesra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here