Marak Produk Abal-abal Diendorse Artis, Bagaimana Sebaiknya Memilih Skin Care yang Tepat dan Aman?

0
44
Glam n Gloss

Produk perawatan wajah selalu diminati oleh kaum perempuan. Tidak heran banyak yang membuka bisnis skin care dan meraup banyak omset dari usaha ini. Apalagi jaman sekarang kita bisa dengan mudah meminta bantuan artis atau selebgram untuk endorse dan mempromosikan produknya. Namun untuk memilih produk yang tepat dari banyaknya iklan yang beredar di media sosial, bukanlah hal yang mudah. Baru-baru ini, salah satu skin care yang di-endorse enam artis ternama dan tersebar di kota-kota besar diketahui merupakan produk oplosan dan tidak memiliki ijin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Salah satu pemilik pabrik yang kini sudah menjadi tersangka berinisial KIL, mengaku bahwa ia mengoplos bahan kosmetik merek terkenal dan mengemasnya lagi menjadi produk kosmetik dengan merk yang dibuatnya sendiri, dengan nama Derma Skin Care. Ia meminta enam artis, termasuk Via Valen, untuk mengendorse dengan membayar sebanyak 7-15 juta per minggu. KIL mampu membayar sebanyak itu, karena omsetnya sendiri mencapai 300 juta per bulan.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa memilih produk yang aman?

1. Sudah Terdaftar BPOM

Giphy

Yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah mengecek apaah produk yang akan kamu gunakan sudah terdaftar BPOM.  Jika sudah terdaftar di BPOM, keamanan bahan-bahan yang terdapat di skin care tentu saja sudah terjamin sehingga ketika digunakan pada wajah tidak akan berbahaya.

2. Sesuaikan produk dengan kebutuhan wajah

Pores Gif

Pastikan untuk memilih skin care yang sesuai dengan masalah kulit kamu untuk membantu mengatasi permasalahan wajah. Bila memiliki masalah kulit kering, pilih skin care yang berfungsi melembapkan. Bila kulit berjerawat, pilih skin care yang memiliki kandungan bahan aktif untuk mengobati jerawat seperti tea tree dan salicylic acid.

3. Kenali alergen pada kulit wajah

Giphy

Saat ini banyak skin care yang mengandung ekstra bahan alami seperti  lidah buaya, teh hijau, kolagen, atau bahan-bahan alami lainnya. Bahan-bahan tersebut dikenal bagus, namun belum tentu cocok di kulit kamu. Jadi lebih baik ketahui dulu alergen atau bahan-bahan penyebab alergi di wajah sebelum membeli skin care

Jika belum tahu alergen di wajah kamu, bisa menguji dulu produk tersebut dengan cara melakukakn patch test. Jika produk tersebut tidak menimbulkan rasa gatal, merah-merah atau jerawat, maka kamu bisa melanjutkan penggunaannya. Sebaliknya jika terjadi reaksi alergi, kamu harus segera menghentikan pemakaian produk.

4. Ketahui Pengawet yang Digunakan

Giphy


Pengawet diperlukan untuk mempertahankan produk dalam waktu yang lama. Banyak jenis pengawet yang digunakan, mulai dari yang alami hingga sintetik. Beberapa di antaranya berada di bawah kecurigaan dalam beberapa tahun terakhir, seperti di bawah ini:

  • Parabens (seperti methylparaben, ethylparaben, butylparaben dan propylparaben) bisa mengakibatkan tumor payudara dan kulit, juga berperan sebagai ‘gangguan endokrin’ dalam meniru hormon.
  • Phenoxyethanol – pengawet yang biasa digunakan dalam produk alami dan organik – diketahui dapat menekan sistem saraf pusat.
  • Benzyl Alcohol – pengawet lain yang biasa digunakan dalam produk mainstream dan alami – telah dikaitkan dengan alergi kontak.

5. Hindari produk dengan wewangian yang tidak perlu

Wewangian yang terdapat dalam produk skin care sebagian besar adalah senyawa sintetis, berasal dari minyak bumi yang termasuk senyawa organik dan mudah menguap, juga bisa menyebabkan kanker, cacat lahir, reaksi alergi hingga gangguan sistem saraf pusat. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan kimia udara ini memiliki akses langsung ke otak dan sistem internal kita melalui saluran hidung. Hal terburuk? Wewangian dilindungi sebagai ‘rahasia dagang’ sehingga produsen tidak perlu mencantumkan apa yang masuk ke dalam keterangan komposisinya.

6. Jangan terpaku pada satu review

Tenor

Merujuk pada kasus produk oplosan di atas, sebaiknya kita tidak terpaku pada review atau endorse dari selebgram favorit. Pertama, karena masing-masing orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda. Kedua, biasanya selebgram hanya mempromosikan tanpa ikut memakai produk tersebut. Ketiga, bisa jadi testimonial yang terdapat di media sosial si penjual adalah palsu. 

Jadi perempuan memang tidak mudah. Kita harus super aware dalam memilih produk, apalagi untuk wajah yang merupakan salah satu aset penting bagi setiap orang. Sangat dianjurkan untuk diimbangi dengan asupan gizi, olahraga, pola tidur, dan mempunyai pikiran yang positif. Banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat tanpa banyak sentuhan kimia. Jikapun diperlukan, ingat tips di atas, ya, Sobat Perempuan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here