Masuk Dalam 50 Dessert Terbaik di Dunia, Es Cendol Asal Indonesia Disebutkan Dari Singapore, yang Marah Malaysia

0
40
Shutterstock

Beberapa hari lalu, CNN merilis 50 dessert (makanan penutup) terbaik di dunia. Mulai dari chocolate mousse Perancis sampai kulfi India disebutkan sebagai hidangan pencuci mulut terlezat. 

Salah satu hidangan berasal dari Indonesia yaitu es cendol. Namun CNN menyebutkan bahwa es cendol bisa ditemukan di seluruh Asia Tenggara, tetapi yang terbaik ada di Singapore karena ditambahkan kacang merah yang dimaniskan.

“Pada sore yang panas terik di Singapura, penduduk setempat mendinginkan diri dengan hidangan manis dingin dan lembut ini, yang menjadi favorit di restoran tepi pantai dan berdiri di trotoar. Es santan dimaniskan dengan sirup gula aren, yang memberikannya sedikit berasap, rasa karamel. Cairan yang kaya adalah dasar dari tepung beras hijau, yang mendapatkan warna  dari jus pandan yang diekstrak dari daun pinus sekrup tropis. Versi pencuci mulut yang sangat dingin ini dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara, tetapi dengan tambahan satu sendok kacang merah yang dimaniskan, Singapura mengambil camilan klasik tetap sangat menggoda.”

Mengetahui hal tersebut, netizen asal Malaysia ramai-ramai protes. Mereka tidak terima jika cendol disebutkan dari Singapore, karena Malaysia sendiri sudah menghidangkannya dengan kacang merah yang dimaniskan. 

“Yang terhormat CNN, datanglah ke Melaka dan coba cendol kami.” Komentar salah satu ntizen Malaysia.

Salah satu netizen juga mengatakan bahwa cendol berasal dari Malaysia dan Indonesia karena pembuatannya memakai gula aren yang hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Malaysia. 

Tidak mau kalah, netizen Indonesia dengan nama akun @Degadirgan**** ikut mengomentari dengan mengatakan. “Yang terhormat CNN dan warga Melaka, datanglah ke Bandung dan cobalah cendol Elizabeth.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here