Skip to main content
Categories
KeluargaKesehatanParenting Remaja

Menstruasi Pertama! Kapan Mulai Ajak Anak Ngobrol?

Hubungan antara ibu dan anak perempuannya biasanya meningkat ke next level ketika si anak mulai menstruasi. Ibu menjadi sumber informasi, pendamping dan edukator bagi anak saat pengalaman pertamanya.

Menstruasi merupakan hal yang besar bagi kebanyakan remaja perempuan. Mereka butuh sosok yang bisa dipercaya untuk mendampinginya. Hasil survey sebuah komunitas perempuan pada tahun 2017 menjelaskan, 70,7% remaja perempuan memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi dari ibunya, 64,7% merasa nyaman berdiskusi tentang topik tersebut dengan ibunya.
As her mom, Ladies tidak bisa begitu aja beranggapan anak-anak perempuan kita akan baik-baik saja saat mereka “datang bulan” untuk pertama kalinya, hanya berdasarkan asumsi, mereka sudah terbiasa melihat ibu atau saudara perempuannya yang lain menstruasi. Sebagai ibu, kita harus mulai melakukan pembicaraan tentang menstruasi bahkan sebelum mereka mengalaminya sendiri.
Apa saja sebaiknya yang dibicarakan ibu kepada anak perempuannya terkait urusan reproduksi perempuan ini?
  1. Obrolan tentang fisik. Obrolan ini bisa meliputi tentang perubahan badan, cara menjaga kebersihan dan hubungan dengan lawan jenis.
  2. Obrolan tentang emosi, meliputi perubahan hormon dan pencarian identitas diri.
  3. Obrolan tentang relasional. Semakin bertambah usia anak, semakin luas pula pengetahuan dan pemaparan yang bisa didapatnya, baik dari televisi, film, internet, majalah, musik, bahkan teman-temannya yang mungkin sering mengucapkan hal-hal bersinggungan dengan konten seksual. Ibu sebaiknya jadi narasumber pertama yang dipercayai oleh anak.
  4. Obrolan menyangkut hubungan sosial, mengingat semakin luasnya pertemanan dan aktivitas mereka yang melibatkan perempuan dan laki-laki.
  5. Obrolan spiritual yang akan menjadi pondasi anak setiap kali menghadapi sesuatu yang baru, sebagai kontrol agar tahu batasan dan sebab akibat dari setiap perbuatannya.
Menstruasi adalah penanda awal perempuan memasuki masa pubertas. Beberapa perempuan mengalami hal-hal yang kurang nyaman selama periode tersebut. Beberapa lainnya, biasa-biasa saja. Oleh karena itu peran ibu sangat dibutuhkan saat anak perempuan mengalami menstruasi pertama. Karena sekali lagi, menstruasi bukan hanya sekadar proses pengeluaran darah tapi juga berkaitan dengan psikologis, reproduksi dan masa depan perempuan.
So, Moms, Ladies, sudahkah melakukan obrolan awal bersama anak perempuan Anda? Kalau belum, yuk , mulai dari sekarang!

Share this with your friends

Subscribe our newsletter?

Join Newsletter atau Hubungi Kami: contact@aksaradigital.id

Inspirasi
BelanjaKarirKecantikanKehidupanKeluargaIndeks
Let's be friends