Skip to main content
Categories
HobbyOlahraga

Olahraga Ringan Saat Puasa Supaya Tetap Bugar

Olahraga adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Puasa seharusnya tidak jadi alasan untuk tidak berolahraga. Dengan memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat, kita tetap bisa melakukan olahraga ringan saat puasa.

Olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Oleh sebab itu luangkan waktu untuk berolahraga, termasuk di bulan puasa. Olahraga ringan saat puasa sebaiknya dilakukan di pagi hari, setelah sahur dan shalat shubuh, atau di sore hari menjelang buka puasa.

Apabila hendak melakukan olahraga saat puasa, jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi dan minum air sesuai kebutuhan tubuh saat sahur dan buka puasa, sehingga tidak lemas dan dehidrasi.

Apa saja jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat puasa?

1. Renang

Renang adalah jenis olahraga yang mampu membakar kalori dengan baik. Ladies dapat melakukan olahraga renang sambil menunggu waktu berbuka puasa. Lakukan maksimal 30 menit saja. Hati-hati jangan sampai air mauk ke mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa ya.

2. Yoga

Gerakan yoga tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga sehingga baik dilakukan saat puasa. Yoga juga dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh, sehingga tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Dengan mengandalkan teknik pernapasan, melakukan yoga saat berpuasa dapat membantu pikiran kita jadi lebih rileks dan tenang saat menjalankan ibadah puasa. 

3. Naik turun tangga

Rumah Anda terdiri dari dua lantai? Manfaatkan tangga di rumah untuk berolahraga saat puasa. Lakukan olahraga ini dengan santai dalam intensitas waktu 10 menit saja, ya, Ladies. Kalau terlalu cepat, akibatnya kita malah kehausan dan bisa menyebabkan dehidrasi. 

4. Sepeda

Bersepeda juga cocok dilakukan saat sedang berpuasa. Lakukan di pagi atau sore hari saat udara sedang tidak panas. Jika enggan keluar rumah karena situasi pandemi saat ini, bersepeda menggunakan sepeda statis mungkin bisa jadi pilihan.

5. Jogging

Lakukan jogging dengan intensitas ringan. Udara pagi setelah shalat shubuh saat baik untuk pernapasan. Lakukan selama 20-30 menit saja supaya tidak kelelahan.

Share this with your friends

Subscribe our newsletter?

Join Newsletter atau Hubungi Kami: contact@aksaradigital.id

Inspirasi
BelanjaKarirKecantikanKehidupanKeluargaIndeks
Let's be friends