Perempuan dengan Mental Illness, Ayo Sharing Pengalamanmu Di Sini!

0
33

*Artikel ini dibuat khusus untuk perempuan Indonesia dengan Mental Health Disorder.

Pernah dengar komunitas sharing yang ada di beberapa negara barat seperti  di benua Amerika dan Eropa?

Yap, komunitas yang sengaja dibuat khusus oleh orang-orang  yang peduli dengan masalah kesehatan mental yang banyak dihadapi oleh manusia di dunia sekarang ini, sudah tidak bisa lagi terhindarkan karena masih banyak yang belum terjamah oleh departemen kesehatan atau sosial setempat. Seperti beberapa contoh penyakit masyarakat yang sudah terlanjur menjadi masalah pelik dan menimbulkan ketergantungan bagi penderitanya hingga proses rehab dari rumah sakit pun tidak dapat menyelesaikan masalah tiap orang.

Di sinilah sebenarnya peran sosial sesama manusia dibutuhkan karena ada kalanya obat atau meditasi belum efektif untuk proses penyembuhan bagi beberapa orang dengan perilaku mental health disorder khususnya, begitu juga bagi perempuan yang ada di Indonesia yang mungkin tengah menghadapi kesulitan yang sama.

Sebagai orang yang pernah mengalami hal tersebut, saya sebagai salah satu ‘mantan’ penderita mental health disorder ingin sekali berbagi info dengan perempuan lain yang mungkin juga tertarik untuk membagikan pengalamannya selama ini. Saya berharap sekali masih ada perempuan di luar sana yang merasa membutuhkan tempat sharing namun tidak tahu harus ke mana, dapat juga menyebarluaskan info ini kepada saudara, rekan atau temannya.

Komunitas ini sengaja dibuat untuk sharing platform bagi perempuan yang selama ini merasakan gejala mental disorder namun malu atau tidak mampu untuk pergi konsultasi ke dokter/psikiater. Bagi mereka yang merasakan hal tersebut maka diharapkan bisa masuk ke komunitas ini untuk berbagi pengalaman dengan tujuan penyembuhan mandiri karena orang-orang dengan masalah tersebut sebenarnya akan terbantu lewat support dari sesama manusia. Khususnya untuk perempuan, jangan pernah ragu untuk bergabung karena kami ada untuk kalian yang sedang berjuang menghadapi kelainan tersebut. Because Sharing is Caring, right?

Sebelumnya saya ingin meyakinkan perempuan di luar sana yang mungkin masih ragu untuk bergabung karena masih bertanya-tanya apakah  benar saya mengidap penyakit mental? Baik itu yang masih ringan atau sudah berat. Berhubung jenis penyakit mental pada manusia juga memiliki banyak sekali macamnya dan terus berkembang mengikuti tatanan sosial kehidupan manusia di jaman sekarang.

Sesungguhnya saya tidak ingin membuat hal itu menjadi pertimbangan utama dalam menerima anggota di komunitas ini. Contohnya sebut saja si A merasa selama ini ada yang tidak beres dengan cara berpikir atau bersikap jika dibandingkan dengan orang lain disekitarnya. Namun si A tidak berminat untuk memeriksakan dirinya lebih lanjut karena malu atau disebabkan oleh faktor lainnya.

Sekali lagi saya hanya ingin menekankan bahwa platform ini dibuat hanya untuk perempuan yang merasa memiliki kelainan mental baik itu ringan/berat. Namun kita juga tidak perlu malu untuk bertanya terlebih dahulu meskipun kita sendiri ragu akan hal tersebut.

Tujuan utamanya adalah kita hanya perlu sharing pengalaman apa saja yang pernah dilalui dan dari proses itu kita bisa belajar atau bahkan mencari tahu bersama atas kelainan yang sedang dihadapi tanpa perlu adanya tindakan medis.

Semakin banyak cerita yang kita bagikan di komunitas maka semakin jauh kita mengetahui kondisi mental kita yang sebenarnya. Tanpa harus men-judge terlebih dahulu karena tujuan kita hanyalah sharing pengalaman untuk bisa saling membantu bagi sesama anggota komunitas.

Visi dan misi saya lewat teknik approaching dari aktivitas social community service seperti ini diharapkan bisa menggerakan hati para perempuan di luar sana untuk lebih peduli dengan sesama. Terkhusus untuk perempuan yang memiliki masalah kesehatan mental namun memiliki keraguan akan dirinya sendiri. Finally, it’s because we are human and we are one, together we can defeat our disorder!!!

Untuk info lebih lanjut mengenai cara bergabung hubungi kami melalui email swap.commune@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here