Skip to main content
Categories
BeritaGaya HidupKesehatan

Saat Tidur, Sebaiknya Lampu Kamar Dimatikan

Mengapa lebih baik tidur dengan lampu padam?

Tahukah Anda bahwa saat tidur sebaiknya lampu kamar dimatikan? Mengapa demikian?

Meski mata kita terpejam saat tidur, dia masih ‘bekerja’, dan lampu yang masih menyala membuat mata kita masih merespon bahwa itu adalah siang hari sehingga menyampaikan sinyal yang salah pada otak. Akibatnya? Tidur yang berkualitas pun hanya impian.

Paparan cahaya dari lampu kamar saat tidur, membuat otak lebih sulit masuk ke fase tidur yang lebih dalam, hal ini berpengaruh terhadap kualitas tidur. Padahal, dengan kualitas tidur yang baik, risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga diabetes tipe-2, bisa dihindari lho.

Rupanya, tidur dengan lampu yang dipadamkan akan memproduksi hormon melanosit dalam tubuh secara maksimal. Selain berperan penting untuk kekebalan tubuh, hormon inilah yang mengatur irama sirkadian atau jam biologis tubuh kita.

Melanosit bekerja untuk menimbulkan rasa mengantuk dan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh bahwa ini adalah waktunya tubuh Anda beristirahat sehingga tidur yang dihasilkan pun akan berkualitas.

Berikut beberapa keuntungan dari tidur dengan lampu padam yang mungkin belum ladies ketahui:

Mencegah Kegemukan

Pssst, ini poin penting bagi kita semua, ladies! Sebuah penelitian di Universitas Oxford menemukan, bahwa para perempuan yang tidur dengan lampu menyala, cenderung memiliki index massa tubuh dan pinggang yang lebih besar, dibandingkan dengan para perempuan yang memilih tidur dengan lampu padam.

Hal ini masih berkaitan dengan si hormon Melanosit tadi, yang ternyata kualitasnya berpengaruh juga terhadap metabolisme dan pola makan. Tambahkan dalam pola hidup sehat ladies (selain berolahraga dan menaja makan) untuk juga tidur dengan kamar redup ya.

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kabar baik berikutnya, ladies, ‘hanya’ dengan membiasakan diri tidur dengan kamar yang cenderung gelap, bisa membuat kesehatan mata dan kulit kita lebih terjaga. Sudah umum diketahui bahwa kurangnya tidur yang berkualitas akan sangat berdampak buruk terhadap kulit, jadi cenderung kusam, pucat, bahkan hingga munculnya kerutan-kerutan halus lebih cepat. Dan tentu saja si lingkaran hitam di bawah mata atau mata merah yang pastinya mengganggu penampilan.

So, selain sekian langkah ritual skin care yang ladies lakukan menjelang tidur, jangan lupa untuk mematikan lampu kamar ya!

Share this with your friends

Subscribe our newsletter?

Join Newsletter atau Hubungi Kami: contact@aksaradigital.id

Inspirasi
BelanjaKarirKecantikanKehidupanKeluargaIndeks
Let's be friends