Taplak Meja Burberry? Apa dan Siapa Burberry

0
69
Seorang perempuan kaget motif taplak meja di sebuah tempat makan serupa dengan pakaiannya.

Viral di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan seorang perempuan yang kaget, motif baju yang ia kenakan sama persis dengan taplak meja di sebuah tempat makan. Padahal kalau mau melihat harga sebuah syal asli dari motif yang ber-merk Burberry itu, harga syalnya saja mencapai Rp 6,3 jutaan…!

Ya, motif kotak-kotak tersebut adalah motif dari merk terkenal Burberry dari Inggris. Apa dan siapa Burberry itu?

Burberry didirikan oleh seorang bernama Thomas Burberry. Ia lahir tahun 1835 di Brockham Green, Surrey. Ayahnya seorang petani dan pedagang grosiran. Awal karir Burberry adalah dengan magang di sebuah toko pakaian lokal.

Source: magazine.themall.it

Setelah belajar membuat pakaian ia mulai membuka tokonya sendiri di Basingstoke pada tahun 1857. Dari situlah ia bereksperimen membuat pakaian-pakaian yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ia tidak hanya sekedar membuat dan menjual pakaiannya, melainkan juga melakukan riset dan eksperimen terhadap bahan-bahan pakaian yang ia buat.

Hasilnya, ia sukses membuat pakaian yang yang tahan cuaca dan cocok untuk pelanggan pakaian yang menikmati kegiatan berburu dan berkuda di negara itu.

Source: historyhouse.co.uk

Pada tahun 1880, penelitian dan desain inovatifnya menghasilkan kain yang tahan cuaca, namun tetap memiliki rongga udara, yang disebut Gabardine. Bahannya ringan dan berventilasi, tetapi melindungi pemakainya dari cuaca ekstrem.

Perusahaan Burberry kemudian berkembang dengan membuka toko di Haymarket, London, pada 1891, dan di Reading, Manchester, Liverpool, dan Winchester. Produk Burberry juga dijual melalui ribuan agensi. Ekspor ke luar negeri dimulai dengan cabang grosir dibuka di Paris, New York dan Buenos Aires.

Source: ichef.bbci.co.uk

Endorsement dari orang-orang kaya dan terkenal untuk produk-produknya selalu disambut oleh Burberry. Produknya digunakan oleh penjelajah Kutub Utara dan Antartika termasuk Amundsen, Scott dan Shackleton. Dia juga memasarkan produknya ke angkatan bersenjata, diperkenalkan oleh Lord Kitchener dan Lord Baden Powell.

Thomas Burberry pensiun dari perusahaan pada tahun 1917, dan pada tahun 1920 perusahaan go public di London Stock Exchange dengan nama Burberrys Limited. Kedua putranya, Arthur dan Thomas Burberry menjadi direktur untuk mengelola bisnis ini.

Sejak itu, desain Burberry yang sekarang terkenal adalah sebuah merek dagang.

Thomas Burberry meninggal pada 4 April 1926.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here