There’s A Hero

0
614
Foto by: Reuters

Seorang gadis Afghanistan yang tidak diketahui namanya, terlihat sedikit menggigil dalam busana tradisionalnya berdiri di tepi jalan. Titik-titik salju tipis melingkupi cuaca dingin Afghanistan di Bulan Januari 2018.

Bendera merah putih kecil yang tergenggam di tangannya adalah untuk dikibarkannya saat iring-iringan mobil Presiden RI Joko Widodo melalui jalan itu.

Fotografer Reuters langsung menangkap momen yang bisa berecerita lebih dari sekedar kata2. Entah apa yang membuat gadis Afghanistan itu rela menunggu dalam gigilnya hanya untuk mengibarkan merah putil mungil saat Jokowi melintas….

Mungkin sosok Jokowi memang sudah menjadi inspirasi dunia, tak saja hanya di Indonesia. Ia menjadi simbol “hero for common people.” Pahlawan bagi rakyat kebanyakan. Rakyat yang selama ini mengalami diskriminasi, seakan tak ada jalan untuk mendobrak tembok kuat lingkaran elit politik.

“Pahlawan” bagi mereka yang selama ini terpinggirkan. Simbol pahlawan bagi mereka yang selama ini hidup seakan tanpa bisa merebut masa depan dan mewujudkannya.

Kisah nyata, ada seorang ibu yang terbaring lemah di RS, namun saat TV di kamar RS tersebut menyiarkan pidato Jokowi, ibu itu langsung mengatakan pada anaknya, “mana baju Jokowi saya…?! Sini saya mau pakai…” Lalu anaknya pun memakaikan baju Jokowi ke ibunya. Sang ibu dengan khusuk mendengarkan pidato kebangsaan Jokowi yang menggelegar untuk memperjuangkan rakyat kecil.

Ada yang bilang, “Jokowi menyerupai kisah legendaris Robin Hood maupun Kanjeng Sunan KaliJaga yg merampas harta hasil jarahan untuk dikembalikan kepada rakyat jelata. Cuma uniknya, kalau Robin Hood berada di luar sistem.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here