Skip to main content
Categories
InspirasiKeluargaParenting

Tips Menghadirkan Pengalaman Mandi Yang Menyenangkan Untuk Anak

Suka khawatir gak sih, Moms, kalau anak-anak mandi terlalu lama dan asyik bermain air sampai lupa waktu? Khawatir anak jadi sakit kedinginan? Atau khawatir tagihan air membengkak? Apapun kekhawatiran kita sebagai orangtua, mandi dan main air memang kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Yuk, cari tahu tips menghadirkan pengalaman mandi yang menyenangkan untuk anak!

Anak-anak  biasanya betah sekali mandi dan main air berlama-lama di kamar mandi. Mobil-mobilan dan boneka juga ikutan mandi.
Nah, kalau mandi dan main air jadi salah satu kegiatan yang bikin anak bahagia, masa kita larang. Iya, gak sih? Meluangkan waktu bermain air bersama anak, ternyata efektif loh membuat anak yang tadinya takut air jadi berani. Karena meskipun mandi dan main air itu menyenangkan, ada juga anak-anak yang takut air. Jadi tiap mandi pasti pakai drama menangis dan jerit-jerit.
Punya anak yang takut air dan takut mandi itu jadi PR untuk orangtua. Banyak faktor yang membuat anak usia dini punya pengalaman tidak menyenangkan saat mandi.
Tips Menghadirkan Pengalaman Mandi Yang Menyenangkan Untuk Anak
  • Ajak anak mandi di momen yang tepat. Mood anak memang tricky banget ya, Moms? Kadang-kadang dia lagi happy, ketika diajak mandi langsung menolak lalu marah-marah. Tapi kadang-kadang, ajakan mandi juga bisa jadi cara jitu untuk membuat anak yang lagi ngambek, kembali ceria lagi. So, jangan langsung memaksa anak untuk mandi kalau dia menolak. Tunggu saja dulu sambil pelan-pelan dibujuk. Hindari memandikan anak saat sedang menangis apalagi tantrum.
  • Pastikan suhu air mandi sesuai dengan suhu tubuh anak. Air mandi sebaiknya tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Kalau orang bilang, suhu air mandi yang ideal itu suam-suam kuku. Tujuannya supaya anak tidak kaget ketika badannya terkena air. Anak kecil, mengalami trauma sedikit saja, dampaknya bisa panjang loh Moms �ȟ
  • Izinkan anak membawa mainan ketika mandi. Mainan bisa membuat perhatian anak teralihkan dari rasa takut air. Ketika dibiarkan memilih mainannya sendiri, anak bisa jadi tambah semangat mau mandi.
  • Gunakan sabun dan sampo khusus anak-anak. Biasanya kemasan dan wanginya memang disukai anak-anak.
  • Sesekali temani anak-anak bermain air di kamar mandi. Hanya main air, bukan mandi bareng ya, Moms. Misalnya bermain air dan sabun di kolam renang mainan atau bathtub di kamar mandi.
  • Gunakan produk kebutuhan mandi yang berkualitas dan kids friendly, nyaman dan aman digunakan anak-anak.
Nah, itu tadi beberapa tips menghadirkan pengalaman mandi yang menyenangkan untuk anak. Tidak terlalu susah kan tips-tipsnya?

Share this with your friends

Subscribe our newsletter?

Join Newsletter atau Hubungi Kami: contact@aksaradigital.id

Inspirasi
BelanjaKarirKecantikanKehidupanKeluargaIndeks
Let's be friends