Tips Merawat Semua Jenis Kulit Wajah Saat Cuaca Tidak Bersahabat

0
92

Ada tanda khusus yang diberikan alam saat memasuki musim kemarau. Ketika siang, udara begitu panas disertai dengan angin, sementara malam hari menjadi sangat dingin. Selain itu, pada 6 Juli, posisi bumi pada matahari berada di titik terjauh atau biasa disebut Aphelion, sehingga berimbas ke cuaca tidak bersahabat.

Hal ini lantas membuat semua jenis kulit wajah mengalami berbagai permasalahan. Agar mendapat penanganan tepat, simak tips berikut ini.

Tips Merawat Kulit Wajah Kering

Udara panas dan dingin sekaligus sangat tidak baik untuk kulit kering. Hal ini akan membuatnya lebih cepat berkerut, muncul bintik hitam, dan penuaan dini. Lantas, perawatan apa saja yang harus dilakukan?

Tidak melulu berkaitan dengan produk kecantikan mahal, Anda dapat memperbanyak minum air putih dan menggunakan pelembap, terutama yang mengandung Aloe Vera. Selain itu, disarankan untuk tidak terpapar AC jika memungkinkan serta kurangi pemakaian toner atau kosmetik mengandung alkohol.

Meski sepele, tips satu ini juga terbilang ampuh untuk menjaga kelembapan yaitu berolahraga. Hal ini berguna sebagai pelancar aliran darah, sehingga suplai nutrisi pada kulit tidak akan terhambat.

Membersihkan wajah memang dirasa lebih maksimal menggunakan sabun pencuci khusus. Namun, pada malam hari, gunakan air saja jika sedang tidak memakai riasan. Ini penting untuk menjaga kulit dari iritasi.

Sementara itu, ada pula racikan bahan alami yang bisa diambil khasiatnya yaitu face mist dari teh hijau, digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, dan bubuk kunyit dengan campuran jus mentimun untuk perawatan sehari-hari agar kulit terasa dingin.

Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

Jenis kulit satu ini memerlukan perawatan ekstra saat cuaca tidak bersahabat. Pasalnya, meski cenderung kering, tetap ada bagian wajah yang berminyak. Oleh karena itu, diperlukan “double treatment” agar kesehatannya terjaga.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan bedak. Sebaiknya mengandung pelembab atau loose powder. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan BB atau DD cream. Namun, sebelum memoles kosmetik, jangan lupa untuk mengoleskan minyak zaitun di beberapa bagian kering agar riasan tahan lebih lama.

Membersihkan sisa riasan dengan baik juga penting dilakukan agar minyak wajah terangkat, tanpa mengurangi kelembapan. Pertama-tama, gunakan susu pembersih, facial wash, dan terakhir toner untuk merileksasi kulit.
Nah, toner sendiri dapat dibuat secara alami dan ini lebih cocok untuk kulit wajah berminyak lantaran mengandung asam salisilat yang ampuh meredakan peradangan akibat jerawat. Caranya, rebus sepuluh lembar daun mint dengan perbandingan satu setengah gelas sampai airnya berkurang setengah, saring, dinginkan, dan siap digunakan.

Siang hari yang berangin dan otomatis berdebu, membuat kulit wajah berminyak tampak lebih kusam dan mudah berjerawat lantaran penumpukan sebum. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan facial scrub berbahan dasar lemon. Cukup lakukan seminggu sekali, karena proses eksfoliasi atau pengangkatan sel mati berlebihan akan membuat kulit menjadi kasar.

Jika Anda memiliki persediaan apel di kulkas, manfaatkan juga sebagai perawatan wajah dengan mengolahnya menjadi masker serta madu secukupnya. Oleskan, tunggu sampai 15 menit, bilas menggunakan air dingin, dan wajah lembap bebas jerawat bukan lagi menjadi impian.

Tips Merawat Kulit Wajah Normal

Kulit wajah normal sekilas memang tidak membutuhkan perawatan apa-apa lantaran tidak berisiko mengalami permasalahan. Namun, agar senantiasa terlihat cerah, perlu mendapatkan nutrisi tambahan.
Ada dua bahan dasar masker yang bisa Anda pilih yaitu madu dan pepaya.

Untuk madu, campurkan dengan telur. Sementara pepaya, haluskan dan tambahkan dengan yogurt serta madu.

Memiliki jenis kulit apakah Anda? Apa pun itu, mengetahui kebutuhannya akan membantu Anda dalam menentukan cara perawatan. Selamat menerapkan tips di atas agar selalu tampil cantik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here