Tips Tampil Cantik dan Gaya untuk Kulit Gelap

0
43
pixabay

Indonesia memiliki warna kulit khas dibanding negara lain. Jika di Eropa kebanyakan warganya berkulit putih pucat dan Jepang, Cina serta Korea dominan berkulit putih merona, di Indonesia ada si kulit kuning langsat dan sawo matang yang eksotis.

Banyak orang luar yang menginginkan warna kulit khas Indonesia, khususnya sawo matang. Datang saja ke Bali, untuk melihat turis-turis mancanegara berjemur di bawah matahari hangat Pulau Dewata demi mendapartkan kulit sawo matang nan eksotis.

Jadi, sebenarnya tidak perlu malu jika Anda memiliki warna lebih gelap. Memang sih, kebanyakan orang melabeli bahwa cantik adalah berkulit putih. Namun, jika Anda cerdas merawat kulit gelap Anda hingga tampak berkilau dan eksotis serta memilih gaya dan warna yang tepat untuk kulit gelap Anda, maka definisi cantik bisa Anda raih. Untuk itu, berikut ini PeranPerempuan merangkum segala hal dari kepala hingga kaki agar Anda tampil menarik dengan kulit eksotis yang Anda miliki. Cek, yuk!

Warna Rambut

Hitam alami adalah warna asli Indonesia. Mereka yang berkulit eksotis pun kebanyakan memiliki rambut warna ini. Selain itu, aturan memilih warna rambut adalah dua tingkat lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit. Jadi, rambut hitam alami adalah warna yang dirasa paling pas dimiliki oleh perempuan berkulit eksotis. Beberapa artis tanah air berkulit eksotis pun tampak bangga dengan rambut hitam alami mereka. Sebut saja Tara Basro dan Anggun.

Tara Basro. Sumber: Okezone Celebrity
Anggun. Sumber: beautynesia

Namun, jika bosan dengan rambut hitam dan ingin mewarnainya, hati-hati dalam memilih warna cat rambut ya. Salah-salah, justru akan membuat kulitmu kusam. Jika kulitmu cenderung lebih terang, warna burnette dirasa cocok. Atau ingin seperti Kimmy Jayanti dan rambut peraknya? Itu keren!

Kimmy Jayanti. Sumber: gozzip.id

Makeup

Salah mengaplikasikan makeup, si kulit eksotis bisa kelihatan lebih kusam, terlalu menor, belang atau bahkan mirip lenong. Untuk tampilan natural, warna alis haruslah senada dengan warna rambut sedangkan untuk eyeshadow, pastikan memilih warna netral seperti cokelat, cooperbronze dan almond.

Sumber gambar: daily motion

Lalu, pilihlah warna lipstik yang aman dan senada dengan warna kulit seperti peach, coral pink dan cokelat nude. Atau bisa saja mengenakan warna merah ala Kimmy Jayanti. Hindari penggunaan warna yang terlalu lembut karena akan membuat wajah terlihat kusam.

Kimmy Jayanti. Sumber: glitmedia

Untuk blush on, pilihlah warna peach, coral, dan deep rose atau bronze demi menonjolkan tekstur kulit. Jangan lupa pilih produk yang mengandung shimmer untuk menambah kesan glowy pada kulit gelapmu.

Sumber: detik

Busana

Walaupun warna kulit cenderung gelap, bukan berarti Anda harus terpaku pada busana hitam yang terkadang justru membuat seluruh look terlihat kusam. Siapa bilang kulit gelap tidak bisa pakai merah dan kuning? Itu membuat penampilan Anda lebih stand out! Merah terang cocok, namun, hindari warna kuning terang. Pilihlah kuning pastel dan kuning muda. Selain itu warna cobalt blue dan warna metalik juga cocok. Atau ingin warna yang aman? Abu-abu muda saja!

Sumber: hipwee

Perawatan Kulit

Cantiknya kulit gelap tergantung berkilau atau tidaknya kulit tersebut. Untuk itu pastikan melakukan perawatan pada kulit Anda setiap hari karena lewat sehari saja, kulit gelap Anda berpotensi kusam. Tidak perlu perawatan di salon dan suntik ini-itu, asalkan Anda rutin memberi ‘makanan’ untuk kulit gelap Anda, kilau cantik kulit nan eksotis Anda akan terpancar. Pastikan menyetok produk perawatan seperti moisturizer, serum, serta lotion yang banyak mengandung vitamin C dan kojic acid.

Selain itu, rutinlah melulur tubuh dengan bahan lulur yang kaya antioksidan seperti kopi dan kunyit. Hindari sinar buruk matahari yang merusak kulit.

Sumber: MeraMuda

Itu dia tips berpenampilan hingga perawatan yang bisa diterapkan kepada si pemilik kulit eksotis. Selamat tampil glowy, Ladies!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here