Winda Krisnadefa, Menyulap Lettering Dari Hobi Jadi Duit

0
540

Ety Budiharjo

Sekarang ini dunia bisnis semakin terbuka lebar. Pasalnya banyak usaha yang lahir dari industri kreatif. Dari sekedar hobi biasa lama kelamaan bisa mendatangkan rupiah. Seperti yang dilakukan oleh Winda Krisnadefa ini misalnya. Kegemarannya menulis tangan sejak kecil, membuat ia terus berlatih. Lama kelamaan ia menemukan ‘art’ di dalam tulisan tangannya. Maka lahirlah apa yang dinamakan lettering alias menulis cantik, kalau dalam tulisan Arab mirip kaligrafi. Bagi sebagian orang menulis dengan tangan adalah hal biasa. Tapi lettering memang berbeda dari tulisan pada umumnya.

Dengan sentuhan seni yang tinggi diiringi ketekunan berlatih Winda berhasil mengubah tulisan biasa menjadi tak biasa. Lalu, ia mencoba menulis lettering pada media lain selain kertas. Kaca, plastik, keramik, bambu dan kayu telah dicoba. Alhasil, ia bisa menyulap berbagai macam benda menjadi lebih cantik.

Setelah belajar secara otodidak selama dua tahun, ia mulai berani menampilkan hasil letteringnya di media sosial. Instagram menjadi wadah untuk memamerkan hasil karya letteringnya. Satu per satu followernya mulai tertarik dengan hasil karyanya. Buktinya ada follower minta dibuatkan lettering. Awal permintaan masih sebatas media kertas yang nanti bisa di pigura.

Tapi lama kelamaan, follower lain minta dibuatkan lettering pada sepatu, mug, kaos, sarung bantal dan lain sebagainya. Hasilnya sungguh memikat, benda-benda kesayangan jadi tampil lebih cantik dan kekinian. Karya Letteringnya mulai terkenal, khususnya di dunia maya. Pesanan pun mulai berdatangan, baik itu untuk membuat lettering atau mengadakan workshop. Jadilah Winda kerap ke luar kota untuk memenuhi permintaan klien.

Terus terang, ia sama sekali tak menyangka kalau hobi menulis tangan bisa mendatangkan rupiah. Tadinya yang sejak awal hanya menekuni hobi, ternyata sekarang bisa menambah penghasilan. Ibu dari dua anak ini, tetap rendah hati ketika ditanya berapa keuntungan dari lettering. Katanya cukuplah buat jajan dan uang saku anak-anak. Nah, kita jadi tahu kalau jaman sekarang usaha terbuka lebar. Industri kreatif berupa lettering adalah salah satunya. Mau tahu hasil karya Winda yang lain, follow saja akun instagram @emakgaoel.

Catatan : Sumber gambar IG @emakgaoel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here