Yuk Bikin Toner Alami dari Bunga Mawar dan Melati

0
116

Apakah kamu termasuk perempuan yang suka memakai toner? Jika iya, ada baiknya kamu tahu cara membuat toner alami. Toner sering digunakan untuk menyegarkan wajah, juga biasa digunakan untuk membersihkan sisa make-up. Saat ini ada banyak produk toner yang bisa dibeli, namun tentunya produk-produk toner yang beredar di pasaran sering mengandung bahan kimia.

Bahan kimia yang terkandung dalam toner, kadang memberikan efek negatif pada wajah. Selama kita bisa menemukan bahan alami untuk membuat toner, mengapa kita tak mencobanya? Misalnya saja bunga mawar dan melati. Kedua bunga tersebut bisa digunakan sebagai bahan pembuat toner alami. Simak cara pembuatannya di bawah ini.

Toner Alami Dari Bunga Mawar
Bunga mawar sering dijadikan bahan utama untuk berbagai produk kecantikan. Rupanya, bunga mawar mengandung sitronelol, geraniol, sitral, linalo, eugenol, feniletil, farsenol, dan nonilaldehida. Bahan-bahan tersebut bisa memberikan manfaat untuk kecantikan wajah. Tak hanya itu saja, mahkota mawar pun mengandung vitamin C, sehingga bisa dijadikan tabir surya. Menurut sebuah penelitian, bunga mawar juga mengandung anti bakteri sehingga mawar bisa mencegah jerawat. Berikut ini cara membuat toner alami dari bunga mawar:

  • Petik beberapa bunga mawar, lalu ambil mahkotanya saja dan cuci sampai bersih.
  • Rebus mahkota bunga mawar dengan air secukupnya. Jika mawar sudah terlihat layu, matikan api dan dinginkan rebusan tersebut.
  • Setelah rebusan tersebut dingin, buang mahkota bunga mawar dan masukkan air rebusan ke dalam botol. Agar mudah digunakan, masukkan ke dalam botol parfum.
  • Simpan di lemari es sebelum menggunakannya sebagai toner.
  • Sebelum mengusapkannya ke wajah, basuhlah wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka.
  • Semprotkan toner ke wajah, atau bisa gunakan kapas. Setelah itu, usapkan toner secara merata dan sedikit menekannya dengan kapas agar sisa make-up terhapus semua.

Toner Alami Dari Bunga Melati
Selain bunga mawar, bunga melati pun bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat toner alami. Bunga ini memiliki berbagai khasiat, seperti untuk menyegarkan mata, membuat tubuh rileks, dan masih banyak lagi. Untuk produk kecantikan sendiri, melati sering digunakan dalam produk lulur. Bunga ini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, mengencangkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Berikut ini cara membuat toner alami dari bunga melati:

  • Ambil beberapa bunga melati dan cuci bersih.
  • Rebus dengan air secukupnya, lalu dinginkan.
  • Buang bunga melatinya dan masukkan air rebusan ke dalam botol parfum.
  • Simpan di dalam lemari es sebelum menggunakannya sebagai toner.
  • Sebelum menggunakan toner bunga melati, basuh wajah dengan air hangat.
  • Semprotkan toner ke wajah, lalu gunakan kapas untuk meratakan toner dan juga mengangkat sisa make up.

Itulah cara membuat toner alami dari bunga mawar dan melati. Sebenarnya, masih banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membuat toner. Toner alami bisa menjadi alternatif untuk perawatan wajah. Karena tidak menggunakan bahan kimia, maka toner alami tidak akan memberikan efek samping negatif. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa segera membuat toner alami dari mawar atau melati, lalu rasakan khasiatnya setelah menggunakan toner tersebut secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here