Lemak Itu Penting Bagi Tubuh, Ini Fungsinya

0
21
Ilustrasi perempuan yoga. Foto by: pixabay

Sahabat perempuan, banyak dari kita yang kerap menganggap keberadaan lemak pada tubuh kita bisa membuat penampilan jadi tidak terlihat cantik. Kata siapa? Cantik itu relatif dan pikiran bahwa lemak di tubuh membuat kita kurang cantik adalah salah.

Lemak di dalam tubuh juga memiliki fungsi yang sangat penting. Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sebagaimana  protein dan karbohidrat. Tubuh membutuhkan lemak yang tidak bisa dihasilkan sendiri, misalnya asam lemak omega-3. Keberadaan lemak dalam porsi makanan, penting untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.

Fungsi-fungsi lemak dalam tubuh kita tersebut antara lain, untuk:

  • Membantu tubuh menyerap vitamin¬†A, D, dan E
    Beberapa jenis vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, untuk dapat diserap oleh tubuh, vitamin ini memerlukan bantuan lemak.
  • Sumber energi bagi tubuh
    Lemak juga dapat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi lemak secara berlebihan demi meningkatkan energi.
  • Membantu menyehatkan kulit dan rambut
    Selain berfungsi membantu proses penyerapan sejumlah dan sumber energi bagi tubuh, lemak juga membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.
  • Membuat tubuh tetap hangat
    Lemak memiliki fungsi sebagai isolator bagi tubuh. Keberadaan lemak bisa membuat tubuh menjadi hangat, seperti halnya ketika Anda mengenakan pakaian yang tebal.
  • Melindungi organ tubuh
    Lemak juga berfungsi melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, lemak membantu membangun sel serta memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Fungsi lemak tertentu justru sangat penting dalam menjaga keseimbangan nutrisi dan kesehatan tubuh. Yang terpenting, lemak tersebut harus dikonsumsi secara proporsional dan tidak berlebihan. Maka keberadaan lemak di dalam tubuh hanya akan mengganggu penampilan dan membahayakan kesehatan jika jumlahnya berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here