Manfaat Kurma yang Perempuan Harus Tau

0
138
Photo: Daily Health Post

Salah satu kudapan yang identik dengan bulan puasa adalah kurma. Kandungannya disinyalir mampu mengembalikan tenaga setelah seharian beraktivitas. Buah kecil berbentuk lonjong ini juga mendapat predikat seribu manfaat. Sayang, dalam kehidupan sehari-hari lebih dikonsumsi begitu saja sebagai salah satu menu berbuka puasa.

1. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Masker buah kurma mampu menghaluskan kulit, karena mengandung vitamin C, A, B6, dan protein. Cara penggunaannya, siapkan 5-10 butir serta sebuah lemon, lalu haluskan menggunakan blender dengan tambahan sedikit air. Oleskan secara merata, biarkan mengering, dan bilas dengan air hangat.

2. Membantu Pemulihan Demam Berdarah

Permasalahan pada pasien penyakit ini adalah kurangnya kadar trombosit. Dengan mengkonsumsi kurma yang mengandung karbohidrat kompleks berupa manosa, arabinosa, galaktosa, dan xilosa, mampu menyusun granula sel darah merah dan persentase kenaikan mencapai 23,90% per hari.

3. Sebagai MPASI

Setelah berumur enam bulan, bayi harus mulai diberikan makanan pendamping ASI. Kandungan kalsium dan magnesium di dalam kurma dapat membantu pertumbuhan tulang, sementara potassium bermanfaat untuk perkembangan otak. Mama bisa mencampurkan buah ini pada bubur atau mengolahnya menjadi pure.

4. Membantu Kelancaran Persalinan

Menurut sebuah penelitian dari Jordan University of Science and Technology yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology, perempuan hamil tua dilaporkan menjalani proses persalinan normal dan lancar serta tidak bergantung pada induksi medis dokter ketika rutin mengkonsumsi kurma. Hal ini dikarenakan buah tersebut mampu memasok oksitosin alami, sehingga mempercepat kontraksi. Selain itu, pembukaan menjadi lebih cepat, sementara ketuban tidak mudah pecah.

5. Mengobati Gangguan Seksual

Sari buah kurma yang dicampur dengan susu dan madu dapat mengobati lemah jantung serta syahwat, baik pada laki-laki atau perempuan.

6. Mengatasi Gangguan Psikologis

Selain kandungan di atas, kurma juga memiliki beragam jenis logam, di mana mampu menstabilkan kejiwaan seseorang jika mengkonsumsinya secara berkala.

7. Memelihara Gigi yang Rusak

Fluor dan sejumlah mineral adalah zat yang berguna sebagai pemeliharaan gigi dari kerusakan. Meski rasanya manis, kurma juga dapat dimanfaatkan untuk hal ini.

8. Memerangi Kanker

Salah satu jenis mineral dalam kurma adalah selenium. Manfaatnya sendiri adalah membantu fungsi kognitif otak, sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme hormon tiroid dan sintesis DNA, sehingga ampuh untuk masa penyembuhan kanker. Untuk hasil maksimal, konsumsilah tujuh butir setiap hari.

Tampilan kurma memang tidak semenarik buah lainnya, tapi rasa serta manfaatnya tidak bisa diremehkan. Selain cocok dikonsumsi saat bulan puasa, si kecil ini berguna untuk keperluan-keperluan lain. Daftar di atas pastinya belum lengkap, mengingat kandungannya sangat beragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here