Viral, Bunga Tabebuya di Surabaya Ternyata Bermanfaat untuk Penderita AIDS

0
284
CNN Indonesia

Surabaya tengah menjadi sorotan. Ini dikarenakan jalan-jalan protokol di sana dihiasi oleh deretan bunga Tabebuya yang menyerupai Sakura. Di musim penghujan seperti sekarang, penampakan tumbuhan tersebut terlihat semakin cantik. Bahkan, menurut seorang warganet, memancarkan kesan romantis.

Intisari Online

Penanaman bunga Tabebuya diprakarsai oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Berkat media sosial, proyek tersebut viral. Imbauan agar tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati Sakura pun bermunculan.

cewekbanget.id

Bunga dengan nama ilmiah Tabebuia Impetiginosa dalam keluarga Bignoniaceace ini memiliki sebutan lain yaitu Pink Trumpet Tree dan Pohon Ungu Trumpet, bergantung pada jenis warna. Selain cantik, flora tersebut mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, lho.

Bunga Tabebuya berukuran 3 sampai 11 cm jika mekar dengan padat. Memiliki warna yang sangat beragam mulai dari putih sampai merah, kulit bagian dalam dari pohon berkhasiat sebagai obat. Terkadang, diolah juga menjadi teh yang disebut sebagai Lapacho atau ‘tahibo.’

Memiliki rasa yang pahit, kulit bagian dalam itu lazim diolah menjadi pil atau cairan agar lebih ‘nyaman’ di lidah. Soal khasiat, ampuh untuk mengatasi flu saat musim dingin serta batuk pada perokok.

Lapacho sangat diandalkan untuk obat tradisional di kawasan Amerika Selatan. Tahun 80’an, dijuluki sebagai tanaman dengan kandungan yang tidak bisa dipercaya. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien penderita penyakit berat, kanker dan AIDS.

Penggunaan Lapacho harus dalam takaran pas. Selain mengandung zat yang baik bagi tubuh, ada pula senyawa aktif bernama lapachol, di mana bersifat racun. Tentang efek sendiri, menyebabkan kematian dan efek terapeutik.

Kisah keberhasilan Lapacho ditemui pada pria di India untuk mengobati penyakit akut seperti Pneumocystis yang menjangkit penderita AIDS. Bunga Tabebuya memiliki sifat antibiotik serta desinfektan, sehingga dapat diolah menjadi ekspektoran antimikroba.

Penyakit AIDS memang masih menjadi pekerjaan rumah dalam menemukan pengobatan yang sesuai. Tanaman seperti Buah Merah asal Papua pun disinyalir sebagai jalan alternatif untuk penyembuhan. Bagaimana dengan bunga Tabebuya nanti? Selagi menunggu kabar baik, mari nikmati keindahan flora ini.

 

HG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here