Yummy! Ini Dia Resep Keju Alternatif dari Ubi

0
123
candiatrade.gr

Tanaman palawija seperti ubi lumrah diolah dengan cara dikukus, rebus, atau digoreng. Paling banter sih dibuat kolak. Oleh karena itu, sumber karbohidrat ini dianggap sebagai makanan yang membosankan. Padahal, kalau dilihat dari nilai gizi, cukup beragam dan sangat bermanfaat bagi tubuh, lho.

Bagaimana jika ubi diolah menjadi keju? Penganan olahan susu ini tentu memiliki banyak penggemar. Lebih-lebih, bisa sebagai pelengkap masakan tertentu. Di sisi lain, ada sebagian orang yang memilih hidup sebagai vegetarian atau bahkan menghindari si gurih tersebut lantaran alergi.

Yuk, buat keju alternatif dari ubi! Ini dia resepnya.

Bahan-Bahan:

  1. Ubi
  2. Wortel
  3. Minyak Zaitun
  4. Nutritional Yeast
  5. Bubuk Bawang Bombay
  6. Bubuk Bawang Putih
  7. Lada
  8. Garam
  9. Peterseli
  10. Air

Cara Memasak:

  1. Rebus ubi dan wortel sampai empuk
  2. Masukkan ubi dan wortel ke dalam blender
  3. Tambahkan air
  4. Masukkan bahan-bahan dari poin 3 sampai 9
  5. Haluskan
  6. Sajikan dalam mangkuk

Sekadar informasi, nih. Nutritional Yeast digunakan sebagai pengganti MSG. Lantas, apa yang membedakannya dengan penyedap masakan tersebut?

Nutritional Yeast diolah dengan menonaktifkan ragi dan jamur. Selain itu, diberikan campuran tebu serta sedikit molase. Jadi, rasanya bisa gurih. Bukan hanya itu, baik untuk kesehatan apalagi ibu hamil lantaran kaya akan vitamin B dan nutrisi lain.

Tekstur Nutritional Yeast mirip seperti ragi biasa, tapi memiliki warna kekuningan yang lebih gelap. Untuk mendapatkannya, tersedia di supermarket besar atau toko-toko daring.

Bagaimana, mudah bukan membuat keju alternatif dari ubi? Sehat dan nikmat sekaligus. Untuk mendapatkan kedua hal tersebut kuncinya adalah berkreasi.

-HG-
A hug without U is just toxic

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here